Gausah Bingung Lagi! Ini Dia Lokasi dan Cara Gampang Tukar Uang Baru Buat Lebaran 2023
Gausah Bingung Lagi! Ini Dia Lokasi dan Cara Gampang Tukar Uang Baru Buat Lebaran 2023

Gausah Bingung Lagi! Ini Dia Lokasi dan Cara Gampang Tukar Uang Baru Buat Lebaran 2023

Uang Baru Lebaran 2023

Lebaran 2023 tinggal hitungan bulan lagi, sobat DIP! Buat kamu yang masih bingung gimana caranya tuker uang baru, jangan khawatir. Bank Indonesia (BI) siap bantu kamu lewat program SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri).

Pelayanan penukaran uang baru ini udah dibuka sejak 27 Maret dan cuma buka sampai tanggal 20 April 2023. BI udah siapin uang tunai sebanyak Rp195 triliun buat kamu tuker. Gak cuma itu, jumlah titik penukaran uang juga udah bertambah jadi lebih dari 5 ribu titik di seluruh Indonesia, lho! Jadi, gausah takut kehabisan uang baru buat lebaran nanti.

Program SERAMBI BI

 

Program SERAMBI BI ini dilakukan buat memenuhi kebutuhan uang rupiah dan layanan kas masyarakat di periode Ramadan dan Idulfitri 2023. Deputi Gubernur Aida udah sampaikan tiga framework BI buat memastikan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya. Pertama, BI pastiin uang rupiah yang disediakan berkualitas dan bisa dipercaya. Kedua, sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima. Ketiga, infrastruktur yang mumpuni. Selain itu, BI juga mengajak masyarakat buat gunain uang Rupiah secara bijak.

Lokasi Penukaran Uang

Lokasi Penukaran Uang

Sobat DIP gausah ribet buat cari lokasi penukaran uang. BI udah siapin daftar lokasi penukaran uang di situs resminya https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/Booklet_Penukaran_SERAMBI_2023.pdf. Gak cuma itu, BI juga sediain kas keliling buat kamu yang susah buat ke bank. Kas keliling BI tersedia di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun) dan susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan.

Buat sobat DIP yang berada di DKI Jakarta, BI juga bekerja sama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta untuk kas keliling. Kas keliling BI tersedia di Masjid Hasyim Asya’ri, Masjid Istiqlal, Masjid At Tin, Masjid Islamic Center, dan Masjid Al Azhar pada tanggal 3-14 April 2023. Selain itu, kas keliling BI juga hadir di Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasa Koja, dan Pasar Tebet dari tanggal 27 Maret hingga 20 April 2023. Pada tanggal 8 hingga 9 April 2023, kas keliling BI juga hadir di Parkir Timur Gelora Bung Karno.

Kamu yang bakal mudik bisa tenang, sobat DIP! BI juga menambah lokasi layanan penukaran uang di rest area jalan tol di Jawa, Lampung, Palembang, Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk mulai tanggal 15-19 April 2023. Tapi buat kamu yang mau pake layanan kas keliling selain jalur mudik, kamu harus pesan terlebih dahulu lewat aplikasi PINTAR.

Cara Pesan Penukaran Uang di PINTAR

Cara Pesan Penukaran Uang di PINTAR

Untuk pesan penukaran uang lewat aplikasi PINTAR, kamu bisa ikutin langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi PINTAR atau situs pintar.bi.go.id
  2. Pilih menu kas keliling
  3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang yang diinginkan
  4. Aplikasi dan situs akan menampilkan daftar lokasi penukaran uang yang tersedia, pilih lokasi dan waktu yang diinginkan
  5. Isi data pemesanan meliputi NIK KTP, Nama, No. Telepon, dan Email
  6. Isi jumlah uang rupiah yang akan ditukarkan
  7. Lakukan pemesanan untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang melalui kas keliling

Yuk, siapin uang baru buat lebaran dengan gampang, sobat DIP! Ingat, jangan lupa gunain uang Rupiah secara bijak. Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat merayakan Idulfitri 2023!