page hit counter
Pendaftaran Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!
Pendaftaran Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Pendaftaran Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Foto Taruna Akpol Polri
Sobat DIP, kabar gembira nih buat kamu yang pengen jadi anggota Polri. Karena Polri lagi membuka pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, dan Tamtama tahun anggaran 2023. Pendaftaran udah dibuka dari tanggal 4 sampai 14 April 2023 lho. Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah mengatakan, “Sebagaimana keterangan di laman resmi rekrutmen.polri, pendaftaran dibuka mulai kemarin, 4 April 2023.”

Nah, jangan sampai kelewatan ya Sobat DIP! Kita lihat dulu jumlah kuota yang disediakan Polri untuk masing-masing jalur penerimaan.

Jumlah Kuota Penerimaan Polri 2023

Foto Bintara Polisi Tugas Umum Polri

  • Taruna Akpol:
    Sebanyak 175 orang (150 cowok dan 25 cewek).
  • Bintara:
    • Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bakomsus cowok: 10.529 orang.
    • Bintara (PTU) dan Bakomsus cewek: 402 orang.
    • Bintara Brimob: 500 orang.
    • Bintara Polair: 100 orang.
  • Tamtama:
    • Tamtama Brimob: 1.500 orang.
    • Tamtama Polair: 101 orang.

Wah, banyak juga ya Sobat DIP! Sekarang kita lihat bagaimana cara pendaftarannya.

Cara Pendaftaran OnlineBerikut ini adalah cara pendaftaran online Polri yang harus kamu ikuti:

  1. Buka website penerimaan anggota Polri di alamat penerimaan.polri.go.id.
  2. Pilih jenis seleksi Taruna/I, Bintara, atau Tamtama Polri pada halaman utama website. Apabila kamu mengalami kesulitan, kamu bisa dibantu oleh panitia daerah.
  3. Mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua, dan keterangan lain sesuai format dalam website.
  4. Wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online, dan mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi.
  5. Setelah berhasil mengisi form registrasi online, kamu akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password. Nomor registrasi dan login ini nantinya akan digunakan untuk masuk ke halaman dashboard pendaftar. Halaman dashboard ini berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar. Selain itu, di sana kamu juga bisa upload berkas pendaftaran yang disediakan.
  6. Kamu akan mendapat hasil cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polres/Polda.
  7. Batas waktu verifikasi data pendaftar terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai jadwal pendaftaran, dan tidak ada toleransi perpanjangan.
BACA JUGA  Realme GT2 Explorer Master Diluncurkan Dengan Snapdragon 8 + Gen1

Nah, itulah cara mendaftar Polri secara online. Ingat, jangan sampai kelewatan ya! Karena kesempatan seperti ini nggak datang dua kali. Semoga info ini bermanfaat buat Sobat DIP yang pengen jadi anggota Polri.

Kesimpulan

Jadi, untuk Sobat DIP yang pengen gabung jadi Taruna Akpol, Bintara, atau Tamtama Polri, jangan sampai ketinggalan nih! Pendaftaran dibuka dari tanggal 4-14 April 2023. Jumlah kuota yang disediakan juga cukup besar, jadi kamu punya kesempatan yang besar juga buat bisa bergabung jadi anggota Polri. Tapi jangan lupa, ikuti prosedur pendaftaran dengan teliti dan jangan sampai kelewatan batas waktu ya. Selamat mencoba dan semoga sukses!