Surat Lamaran Kerja Manual

Contoh Surat Lamaran Kerja Manual yang Profesional untuk Sukses

Dalam mencari pekerjaan, surat lamaran kerja menjadi salah satu hal yang penting dalam memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, kami menyediakan contoh surat lamaran kerja manual yang profesional dan panduan lengkap dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Anda akan belajar bagaimana menyusun surat lamaran kerja yang menarik perhatian perekrut dengan format yang tepat. Kami juga akan memberikan tips dan contoh-contoh surat lamaran kerja sederhana namun jelas yang akan membantu Anda menonjolkan keahlian dan pengalaman Anda. Dapatkan inspirasi dari contoh surat lamaran kerja terbaru yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Teruslah membaca untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja yang profesional dan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian. Jangan lewatkan panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dengan bahasa, struktur, dan gaya penulisan yang tepat.

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disusun dengan baik untuk meningkatkan peluang Anda diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan format yang tepat agar surat lamaran kerja Anda terlihat profesional.

Berikut ini adalah panduan umum untuk membuat format surat lamaran kerja:

  1. Tuliskan alamat Anda dan alamat perusahaan di sebelah kanan atas halaman.
  2. Tuliskan tanggal di bawah alamat Anda dan alamat perusahaan.
  3. Masukkan subjek surat di bawah tanggal. Subjek harus singkat, jelas, dan menggambarkan tujuan surat.
  4. Tuliskan salam pembuka di bawah subjek surat.
  5. Tulis paragraf pembuka yang menjelaskan tujuan surat, yaitu untuk melamar pekerjaan.
  6. Tuliskan paragraf kedua yang menjelaskan latar belakang dan keahlian Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
  7. Tuliskan paragraf ketiga yang menjelaskan motivasi Anda melamar di perusahaan tersebut.
  8. Tuliskan paragraf penutup yang berisi ungkapan terima kasih dan harapan untuk bisa diundang untuk wawancara.
  9. Tuliskan salam penutup seperti “Hormat saya,” dan tuliskan nama lengkap Anda di bawahnya.

Dengan mengikuti panduan format surat lamaran kerja di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang terlihat profesional dan menarik perhatian perekrut.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Untuk meningkatkan peluang diterima kerja, penting bagi Anda untuk menulis surat lamaran yang baik dan efektif. Berikut beberapa tips dan panduan yang dapat membantu Anda:

  • Ketahui tujuan Anda dalam menulis surat lamaran, yakni untuk meyakinkan perekrut bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.
  • Perhatikan format, pastikan surat lamaran terlihat rapi dan mudah dibaca. Gunakan font yang standar dan ukuran yang tepat.
  • Susunlah surat lamaran dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami dan terdengar profesional. Hindari penggunaan bahasa yang kasual atau terlalu formal.
  • Tunjukkan keahlian dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan lupa untuk menghubungkan keahlian dan pengalaman Anda dengan kebutuhan perusahaan.
  • Jangan menyalin template surat lamaran kerja dari internet. Gunakan template sebagai panduan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Cobalah untuk menulis surat lamaran yang tidak terlalu panjang dan menjelaskan segala hal secara detail. Sederhanakan dan fokus pada hal-hal yang paling penting.
  • Sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau gramatikal.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja sederhana namun jelas:

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM

PT. Contoh Sukses

Jl. Contoh No. 1

Jakarta

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan karier saya, saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi Staff Administrasi yang diinformasikan melalui website resmi PT. Contoh Sukses. Saya tertarik karena perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sejalan dengan minat dan keahlian saya.

Bersama dengan surat ini, saya ingin melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya. Saya telah memiliki pengalaman di bidang administrasi selama dua tahun, dan telah menerapkan keterampilan saya dalam hal pembuatan laporan dan pengarsipan dokumen. Saya memiliki keahlian dalam menggunakan Microsoft Office, serta program pengelolaan database dan software akuntansi.

Saya yakin dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan siap memberikan yang terbaik sebagai Staff Administrasi. Terima kasih atas perhatian Anda dan waktu yang diberikan.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Manual yang Profesional

Surat Lamaran Kerja Manual merupakan elemen penting dalam mencari pekerjaan. Untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Terstruktur

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus jelas dan mudah dipahami. Gunakan kalimat yang singkat dan terstruktur dengan baik. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal atau bahasa gaul yang terlalu santai. Pastikan surat lamaran Anda dapat menggambarkan kepribadian dan kemampuan Anda.

2. Susun Surat Lamaran dengan Struktur yang Tepat

Surat lamaran kerja harus disusun dengan struktur yang memiliki alur yang jelas. Mulailah dengan menyebutkan informasi pribadi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Kemudian, sebutkan posisi yang dilamar dan sertakan alasan Anda tertarik pada pekerjaan tersebut. Setelah itu, jelaskan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki. Akhiri surat lamaran dengan kalimat penutup yang menunjukkan antusiasme untuk diundang untuk wawancara kerja.

3. Fokus pada Keahlian dan Pengalaman yang Relevan

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda telah memahami persyaratan pekerjaan yang dilamar. Fokuslah pada keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jangan membuat surat lamaran terlalu panjang atau mencantumkan detail yang tidak terkait dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini dapat membuat perekrut merasa tidak tertarik membaca surat lamaran Anda.

4. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Tepat

Gunakan bahasa yang sopan dan tepat dalam surat lamaran kerja. Hindari menggunakan bahasa kasar atau kata-kata yang kurang pantas. Tetaplah bersikap profesional dan jangan menampilkan sikap yang terlalu arogan atau sombong.

5. Periksa dan Koreksi Ulang Surat Lamaran Anda

Salah satu hal terpenting dalam membuat surat lamaran kerja adalah mengecek kembali tata bahasa dan ejaan. Pastikan surat lamaran Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang salah. Koreksi dan periksa kembali surat lamaran Anda sebelum mengirimkannya ke perekrut.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan peluang sukses dalam mencari pekerjaan, surat lamaran kerja merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan contoh surat lamaran kerja manual yang profesional dan panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Dalam menyusun surat lamaran kerja, pastikan untuk mengikuti format yang tepat, menggunakan bahasa yang jelas dan tepat, serta menonjolkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Kami juga telah membagikan contoh-contoh surat lamaran kerja terbaru yang dapat dijadikan referensi serta tips-tips penting dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik perhatian perekrut.

Dengan menggunakan panduan-panduan dan contoh-contoh yang kami berikan, diharapkan Anda dapat menciptakan surat lamaran kerja yang profesional dan efektif dalam meningkatkan peluang sukses karier Anda.