Lamaran Kerja di Yayasan

Contoh Surat Lamaran Kerja di Yayasan: Panduan Menulis yang Efektif

Anda sedang mencari pekerjaan di yayasan? Anda mungkin telah menemukan lowongan yang cocok dan sekarang saatnya untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif. Di bagian ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja di yayasan yang efektif dan profesional, serta panduan menulis yang dapat membantu Anda meningkatkan peluang diterima dalam pekerjaan di yayasan. Kami juga akan menyertakan contoh CV yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Tidak banyak yang tahu bagaimana menulis surat lamaran kerja yang efektif dan menarik. Tapi dengan panduan yang tepat, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang baik dan menonjol di antara pelamar lainnya. Bagi Anda yang mencari pekerjaan di yayasan, kami akan memberikan panduan menulis surat lamaran kerja yang efektif dan contoh yang dapat membantu Anda sukses dalam melamar pekerjaan di yayasan.

Pada bagian selanjutnya, kami akan membahas format surat lamaran kerja di yayasan dan memberikan contoh surat permohonan pekerjaan di yayasan agar Anda dapat memahami bagaimana menyusun surat lamaran dengan baik dan menarik perhatian perekrut.

Jangan lewatkan bagian ini karena ini akan membantu Anda mempersiapkan diri Anda untuk peluang kerja di yayasan yang mungkin Anda minati. Yuk, simak panduan kami!

Format Surat Lamaran Kerja di Yayasan

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan dengan baik. Saat melamar pekerjaan di yayasan, pastikan Anda menyusun surat lamaran dengan format yang tepat. Dalam membuat surat lamaran kerja di yayasan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Susunan Surat Lamaran Kerja di Yayasan

Susunan surat lamaran kerja di yayasan harus ditulis dengan rapi dan sistematis. Susunan surat lamaran kerja di yayasan terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Bagian Surat Lamaran Kerja di YayasanKeterangan
Alamat SuratIsi dengan alamat lengkap Anda
TanggalIsi dengan tanggal saat surat lamaran dikirimkan
PerihalTuliskan perihal surat, misalnya “Lamaran Pekerjaan di Yayasan”
Kepada Yth.Tuliskan nama dan jabatan penerima surat
Isi SuratTuliskan isi surat lamaran secara singkat dan jelas
Tanda TanganTanda tangan dan nama lengkap Anda

2. Contoh Surat Permohonan Pekerjaan di Yayasan

Berikut ini adalah contoh surat permohonan pekerjaan di yayasan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Alamat Surat
Jakarta, 1 Februari 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan di Yayasan XYZ

Kepada Yth.
Pimpinan Yayasan XYZ
Jalan Raya ABC No. 123
Jakarta Selatan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Ani Dewi
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 1 Januari 1990
Alamat : Jalan Mawar No. 10, Jakarta Pusat
Pendidikan Terakhir: S1 Psikologi, Universitas Indonesia
No. Telepon: 0812xxxxx
Email: [email protected]

Bersama surat ini, saya mengajukan permohonan untuk dapat bergabung sebagai tenaga kerja di Yayasan XYZ. Saya sangat tertarik untuk dapat bekerja di yayasan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.
Saya memiliki pengalaman dalam bidang psikologi dan telah berpartisipasi dalam beberapa program sosial sebelumnya. Saya berharap dapat berkontribusi dalam program-program yang dijalankan oleh yayasan.
Saya bersedia mengikuti segala proses seleksi yang dilakukan oleh yayasan.
Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ani Dewi

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif

Menulis surat lamaran kerja yang efektif adalah langkah pertama untuk memperoleh pekerjaan di yayasan. Berikut adalah beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif:

  1. Perhatikan format surat lamaran kerja. Pastikan format surat lamaran kerja Anda jelas dan mudah dibaca. Sertakan informasi kontak Anda, nama perusahaan yang Anda lamar, dan alamat perusahaan.
  2. Penjelasan mengenai pengalaman kerja. Sertakan informasi mengenai pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar di yayasan. Jelaskan secara singkat mengenai tanggung jawab dan pencapaian yang telah Anda lakukan.
  3. Perhatikan tata bahasa dan ejaan. Pastikan surat lamaran kerja Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Periksa surat lamaran kerja beberapa kali sebelum mengirimkannya.
  4. Perhatikan gaya penulisan dan bahasa yang digunakan. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam surat lamaran kerja. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu informal atau jargon yang kurang umum.
  5. Ringkas dan jelas. Surat lamaran kerja yang efektif harus ringkas dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau informasi yang kurang relevan.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Berikut adalah contoh surat pengalaman kerja yang dapat menjadi referensi untuk Anda dalam menulis surat lamaran kerja di yayasan:

NamaAlice
PosisiManajer Proyek
PerusahaanPT XYZ
Tahun2018 – 2021
Tanggung Jawab
  • Menangani proyek-proyek besar dengan anggaran mencapai 1 milyar rupiah.
  • Mengelola tim proyek terdiri dari 10 orang dengan efektif.
  • Bertanggung jawab pada penjadwalan proyek dan mengawasi perkembangannya.

Dengan mengikuti tips menulis surat lamaran kerja di atas dan menggunakan contoh surat pengalaman kerja sebagai referensi, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan di yayasan yang Anda impikan.

Tips Persiapan Wawancara Kerja di Yayasan

Wawancara kerja di yayasan adalah kesempatan untuk memperlihatkan pengalaman dan kemampuan Anda. Dalam melakukan persiapan wawancara kerja, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Research tentang yayasan tersebut, termasuk visi dan misi yayasan, program-program yang dilakukan, dan proyek-proyek terbaru. Hal ini akan memperlihatkan Anda memiliki minat dan keinginan untuk bekerja di yayasan tersebut.
  • Perhatikan dress code dan datang tepat waktu.
  • Siapkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada pewawancara. Hal ini menunjukkan minat dan kesiapan Anda untuk bekerja di yayasan tersebut.
  • Siapkan contoh pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan memperlihatkan Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.
  • Berlatih menjawab pertanyaan umum dalam wawancara kerja seperti tentang kelebihan dan kelemahan Anda, serta alasan Anda ingin bekerja di yayasan tersebut.
  • Perhatikan bahasa tubuh Anda saat berbicara dengan pewawancara. Jangan lupa untuk tersenyum dan menjaga kontak mata.

Menjadi kandidat yang siap dan terlatih akan membantu Anda meningkatkan peluang untuk diterima di yayasan tersebut.

Lowongan Kerja di Yayasan

Jangan lupa untuk selalu memantau lowongan kerja di yayasan terbaru. Anda dapat mengunjungi website resmi yayasan tersebut atau memperhatikan pengumuman di media sosial yayasan tersebut.

Tahapan Seleksi Kerja di Yayasan

Setiap yayasan memiliki proses seleksi kerja yang berbeda-beda, meskipun ada beberapa tahapan umum yang biasanya dilakukan dalam setiap proses seleksi. Berikut adalah tahapan-tahapan seleksi kerja di yayasan yang mungkin akan dilakukan:

  1. Penyaringan berkas lamaran
    Pada tahap ini, tim perekrutan akan mengevaluasi setiap berkas lamaran yang masuk. Mereka akan memeriksa apakah pelamar memenuhi kualifikasi dasar dan memilih kandidat yang paling sesuai untuk dipanggil ke tahap selanjutnya.
  2. Tes tulis atau online
    Beberapa yayasan mungkin akan meminta pelamar untuk mengikuti tes tulis atau tes online untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan teknis. Tes ini dapat mencakup berbagai macam topik, tergantung pada posisi yang dilamar.
  3. Wawancara pertama
    Pelamar yang lolos tahap tes akan dipanggil ke tahap wawancara pertama. Wawancara ini biasanya dilakukan oleh tim HR atau manajer departemen terkait. Mereka akan mengevaluasi kepribadian, keterampilan interpersonal, dan kemampuan kerja tim pelamar.
  4. Tes praktik atau simulasi
    Beberapa yayasan mungkin akan meminta pelamar untuk mengikuti tes praktik atau simulasi untuk mengukur kemampuan pelamar dalam situasi kerja yang mirip dengan posisi yang dilamar.
  5. Wawancara terakhir
    Para kandidat yang berhasil melewati tahap tes dan praktik akan diundang ke tahap wawancara terakhir, yang biasanya dilakukan oleh manajer senior atau direktur yayasan. Wawancara ini akan membahas topik yang lebih terperinci tentang kemampuan dan pengalaman pelamar, serta kesesuaian mereka untuk posisi yang dilamar.
  6. Penawaran kerja
    Seleksi akan berakhir dengan penawaran kerja kepada kandidat terpilih. Namun, sebelum menerima penawaran tersebut, pastikan untuk mempertimbangkan kembali apakah posisi tersebut sesuai dengan harapan Anda dan menawarkan gaji dan tunjangan yang wajar.

Jangan lupa, untuk meningkatkan peluang Anda untuk diterima dalam proses seleksi kerja di yayasan, pastikan selalu mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti semua tahapan seleksi dengan penuh percaya diri.

Tips dan Strategi Mencari Pekerjaan di Yayasan

Jika Anda tertarik untuk bekerja di yayasan, ada beberapa tips dan strategi yang dapat Anda terapkan untuk mencari pekerjaan di yayasan. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan peluang Anda:

  1. Pelajari tentang yayasan: Sebelum melamar pekerjaan di yayasan, pastikan Anda memahami tujuan dan misi yayasan tersebut. Pelajari program-program yang mereka jalankan dan lihat apakah nilai-nilai mereka sejalan dengan nilai Anda.
  2. Ikuti sosial media yayasan: Dengan mengikuti sosial media yayasan, Anda dapat mengetahui tentang program terbaru dan kegiatan yang mereka lakukan. Selain itu, Anda dapat mengetahui apakah mereka membuka lowongan pekerjaan baru.
  3. Manfaatkan situs pencarian kerja: Situs pencarian kerja dapat membantu Anda menemukan lowongan pekerjaan di yayasan dengan lebih mudah. Pastikan Anda memilih situs pencarian kerja yang terpercaya dan terbaru.
  4. Berkomunikasi dengan orang di industri yayasan: Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan orang-orang di industri yayasan, seperti relawan atau karyawan yayasan. Anda dapat bertanya tentang pengalaman mereka bekerja di yayasan dan meminta tips tentang cara melamar pekerjaan di yayasan.
  5. Siapkan diri dengan baik: Persiapkan diri Anda dengan baik sebelum mengirimkan surat lamaran kerja. Pastikan CV dan portofolio Anda sudah terkini dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Lowongan Kerja di Yayasan

Berikut adalah beberapa yayasan yang sering membuka lowongan pekerjaan:

YayasanWebsite
Yayasan Kemanusiaan Ibu Pertiwiwww.ykip.org
Yayasan Bina Nusantarawww.binus.edu
Yayasan Indonesia Sehatwww.indonesiasehat.org

Ingatlah bahwa mencari pekerjaan di yayasan mungkin membutuhkan waktu dan usaha lebih. Namun, dengan mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips-tips di atas, peluang Anda untuk diterima dalam pekerjaan di yayasan akan meningkat.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Yayasan: Contoh CV

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja di yayasan beserta contoh CV yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam melamar pekerjaan di yayasan. Penting untuk menyusun CV dengan baik agar memperlihatkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Nama LengkapAndi Gunawan
AlamatJl. Raya Jakarta No. 12, Jakarta Barat
Email[email protected]
Nomor Telepon081234567890
Pendidikan
  • S1 Psikologi, Universitas Gajah Mada
  • SMA Negeri 1 Jakarta
Pengalaman Kerja
  1. Psikolog, Pusat Konseling Mahasiswa UGM (2 tahun)
  2. Konselor, Yayasan Kesehatan Mental Indonesia (1 tahun)

CV tersebut memberikan informasi tentang nama lengkap, alamat, email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Selain itu, CV tersebut juga mencantumkan pendidikan terakhir serta pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan di yayasan yang dilamar.

Perlu diingat bahwa CV harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar. Pastikan mencantumkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan di yayasan, seperti pengalaman bekerja di bidang sosial, kesehatan, atau pendidikan. Jangan lupa juga untuk menjelaskan kemampuan yang dimiliki, seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik dan kerja tim.

Kesimpulan

Artikel ini memberikan panduan dan contoh surat lamaran kerja di yayasan yang efektif dan profesional. Dalam menulis surat lamaran kerja di yayasan, penting untuk memperhatikan format yang tepat dan menarik perhatian perekrut.

Kami juga memberikan tips dan panduan dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif, serta contoh surat pengalaman kerja yang dapat memperkuat surat lamaran Anda. Persiapan yang baik sebelum wawancara kerja di yayasan juga sangat penting, karena tahapan seleksi kerja di yayasan biasanya berbeda dari perusahaan lainnya.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di yayasan, kami juga memberikan tips dan strategi dalam mencari lowongan pekerjaan di yayasan serta cara meningkatkan peluang Anda untuk diterima. Terakhir, kami menyediakan contoh surat lamaran kerja di yayasan beserta contoh CV yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Dalam kesimpulannya, menulis surat lamaran kerja yang efektif dan memperhatikan setiap tahapan seleksi kerja di yayasan merupakan kunci untuk meningkatkan peluang diterima dalam pekerjaan di yayasan. Terapkan tips dan panduan yang kami berikan, dan semoga Anda sukses dalam melamar pekerjaan di yayasan.