Kerja Hotel Bagian Steward

Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel Bagian Steward Profesional

Untuk membantu Anda dalam menyusun surat lamaran yang baik, kami menyediakan contoh surat lamaran kerja hotel bagian steward yang profesional. Contoh surat lamaran ini akan memberikan panduan tentang bagaimana menulis surat lamaran yang menonjol dan mudah dipahami oleh pihak rekrutmen.

Dalam contoh surat lamaran kerja hotel bagian steward ini, Anda akan menemukan penggunaan bahasa yang tepat dan jelas. Kami juga memperhatikan tata letak surat lamaran untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan memberikan kesan profesional. Dengan mengikuti contoh surat lamaran kerja hotel bagian steward ini, diharapkan Anda dapat menyusun surat lamaran kerja yang baik dan memikat hati perusahaan hotel.

Untuk melihat contoh surat lamaran kerja hotel bagian steward yang profesional, silakan simak artikel kami berikutnya.

Gaya Penulisan yang Profesional

Bagian ini akan membahas tentang gaya penulisan yang profesional untuk surat lamaran kerja sebagai bagian steward di hotel. Gaya penulisan yang baik dan menarik dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk dipanggil untuk wawancara kerja. Berikut adalah beberapa tips dan panduan untuk membuat surat lamaran yang menonjol dan memikat perusahaan hotel:

Pastikan Format Surat Lamaran Sesuai

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran, pastikan format surat lamaran kerja yang Anda gunakan sudah sesuai. Pastikan Anda menyertakan tanggal, nama perusahaan hotel, dan alamat perusahaan secara lengkap dan jelas di bagian atas surat. Selain itu, pastikan Anda juga mencantumkan informasi kontak Anda secara detail, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.

Perkenalkan Diri Anda dengan Baik

Selanjutnya, perkenalkan diri Anda secara singkat dan jelas di awal surat lamaran kerja. Tuliskan nama lengkap Anda serta tujuan Anda untuk melamar posisi sebagai bagian steward di hotel. Pastikan Anda juga menunjukkan minat Anda untuk bekerja di perusahaan hotel yang Anda lamar dan sertakan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

Tunjukkan Keahlian yang Relevan

Setiap posisi pekerjaan memiliki keahlian dan kualifikasi yang dibutuhkan. Pastikan Anda menunjukkan keahlian yang relevan dengan posisi bagian steward di hotel dengan jelas dan spesifik. Berikan contoh pengalaman Anda yang berkaitan dengan posisi tersebut, seperti pengalaman dalam melayani tamu atau keterampilan dalam menata kamar.

Tunjukkan Kepribadian yang Menarik

Selain keahlian dan kualifikasi, kepribadian juga menjadi faktor penting dalam memilih kandidat yang tepat untuk posisi bagian steward di hotel. Tunjukkan sifat-sifat yang menarik, seperti kemampuan bekerja dalam tim, komunikasi yang baik, dan sikap yang ramah dan sopan. Pastikan Anda menunjukkan kepribadian Anda yang sesuai dengan budaya perusahaan hotel yang Anda lamar.

Sampai di Poin Terakhir dengan Baik

Jangan lupa untuk menyimpulkan surat lamaran kerja Anda dengan baik. Ulangi minat Anda untuk melamar posisi bagian steward di hotel dan sertakan permohonan untuk dipertimbangkan oleh tim rekrutmen. Jangan lupa untuk menyertakan ucapan terima kasih di akhir surat lamaran kerja Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang menonjol dan memikat perusahaan hotel. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali dan memperbaiki surat lamaran kerja Anda sebelum mengirimkannya. Semoga berhasil!

Rincian Pengalaman Kerja yang Relevan

Pada bagian ini, penting untuk menunjukkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi bagian steward di hotel. Hal ini akan menjelaskan kepada pihak rekrutmen bahwa Anda memang memiliki kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Berikut adalah contoh rincian pengalaman kerja yang relevan yang dapat Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja untuk hotel:

PerusahaanPosisiLama BekerjaTanggung Jawab
Hotel ABCBagian Steward2 tahunMelakukan pembersihan kamar dan fasilitas umum, merawat dan mengganti peralatan makan dan minum, serta koordinasi dengan tim lain untuk memastikan kualitas layanan yang baik.
Restoran XYZPelayan1 tahunMelayani tamu, mengambil pesanan makanan dan minuman, menjelaskan menu, dan menawarkan rekomendasi.

Dalam menggambarkan tanggung jawab Anda di posisi sebelumnya, pastikan untuk menunjukkan bagaimana keterampilan Anda dapat diterapkan pada posisi yang Anda lamar saat ini. Contohnya, kemampuan untuk bekerja sama dengan tim dapat diterapkan pada kolaborasi dengan tim housekeeping untuk memastikan kebersihan kamar dan fasilitas umum di hotel. Selain itu, sertakan juga prestasi yang pernah Anda raih jika ada, seperti penghargaan atau sertifikasi yang berkaitan dengan industri perhotelan.

Dengan menyertakan rincian pengalaman kerja yang relevan dalam surat lamaran kerja Anda, Anda dapat memperlihatkan kepada pihak rekrutmen bahwa Anda memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi bagian steward di hotel.

Kemampuan dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Bagian ini akan membahas kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang steward di hotel. Sebagai contoh, di bawah ini adalah beberapa kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan:

KemampuanKualifikasi
Kemampuan untuk bekerja dalam timSarjana di bidang manajemen perhotelan atau bidang terkait
Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baikPengalaman kerja di departemen pengelolaan restoran atau hotel
Kemampuan untuk bekerja di bawah tekananKemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing akan menjadi nilai tambah
Kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan akuratPengalaman dalam menggunakan perangkat lunak pengolahan data dan aplikasi teknologi informasi

Jika Anda telah memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan, pastikan untuk menunjukkannya dalam surat lamaran Anda. Anda dapat menggunakan pengalaman kerja sebelumnya untuk menekankan bahwa Anda sudah memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini.

Contoh surat lamaran yang baik harus mencakup kemampuan dan kualifikasi yang relevan untuk posisi bagian steward di hotel. Selain itu, sertifikat atau penghargaan yang menunjukkan prestasi Anda di bidang perhotelan juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima sebagai bagian steward di hotel.

Motivasi dan Kepribadian Yang Menguntungkan

Selain pengalaman kerja dan kualifikasi, motivasi dan kepribadian juga sangat penting dalam melamar sebagai steward di hotel. Pada dasarnya, seorang steward harus memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam tim, di bawah tekanan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Itu sebabnya, dalam surat lamaran Anda, Anda harus menunjukkan sisi kepribadian Anda yang cocok untuk posisi sebagai steward di hotel.

Menunjukkan motivasi Anda dalam surat lamaran juga sangat penting. Sebagai seorang steward, Anda harus dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang kuat untuk pekerjaan ini. Hal ini menunjukkan bahwa Anda akan bertahan dalam pekerjaan dan melakukan yang terbaik dalam tugas-tugas Anda.

Berikut adalah beberapa sifat kepribadian yang dianggap menguntungkan dalam posisi sebagai steward:

KualitasDeskripsi
KejujuranSteward diharapkan dapat dipercaya oleh tamu dan manajemen hotel, oleh karena itu kejujuran sangat penting.
KetekunanSebagai seorang steward, Anda akan dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas dengan ketelitian dan teliti, sehingga ketekunan sangat penting.
KeramahanSteward harus memastikan bahwa tamu merasa welcome dan nyaman, oleh karena itu keramahan adalah sifat yang diharapkan.
Kemampuan beradaptasiSebuah hotel adalah lingkungan yang selalu berubah, terlebih lagi selama pandemi saat ini, sehingga kemampuan untuk beradaptasi menjadi kualitas yang sangat penting.
Kemampuan berkomunikasi yang baikSteward harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak di dalam hotel dan tamu, sehingga kemampuan berkomunikasi yang baik adalah kualitas yang diharapkan.

Jika Anda dapat menunjukkan sifat-sifat kepribadian ini dalam surat lamaran Anda, maka ini akan meningkatkan peluang Anda untuk dipertimbangkan untuk posisi sebagai bagian steward di hotel.

Penutup dan Permintaan Wawancara

Dalam penutup surat lamaran kerja sebagai bagian steward di hotel, saya ingin menegaskan kembali minat dan motivasi saya untuk bergabung di perusahaan ini. Saya yakin bahwa pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki akan menjadi nilai yang signifikan bagi perusahaan.

Jika diberikan kesempatan, saya akan menyampaikan kemampuan dan pengalaman kerja saya secara lebih rinci dalam wawancara. Saya juga siap belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, serta siap bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

Saya sangat berharap agar pihak perusahaan dapat memberikan kesempatan wawancara untuk membahas lebih lanjut tentang kemampuan dan kualifikasi yang saya miliki. Saya siap menghadiri wawancara pada waktu dan tempat yang disepakati bersama.