Penulisan Amplop Surat Lamaran

Contoh Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja yang Efektif dan Profesional

Sebagai pencari kerja, menulis surat lamaran kerja yang baik sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi tentang diri Anda, melainkan juga untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen Anda dalam mencari pekerjaan. Namun, selain surat lamaran yang baik, amplop surat lamaran yang tepat juga perlu diperhatikan.

Pada artikel ini, Anda akan menemukan contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang efektif dan profesional, disertai dengan format penulisan yang benar serta cara membuat amplop surat lamaran kerja yang menarik. Anda juga akan menemukan contoh surat lamaran kerja yang benar yang dilengkapi dengan contoh penulisan amplop yang sesuai dengan standar.

Dalam dunia kerja, amplop surat lamaran kerja memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena amplop seringkali menjadi bagian pertama yang dilihat oleh perekrut sebelum membaca isinya. Oleh karena itu, penting untuk membuat amplop surat lamaran kerja yang menarik dan profesional.

Melalui artikel ini, Anda akan diajarkan bagaimana membuat desain amplop surat lamaran kerja yang menarik dan kreatif. Anda juga akan mendapatkan tips dan trik tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan amplop surat lamaran kerja. Dengan itu, diharapkan Anda dapat membuat amplop surat lamaran kerja yang efektif dan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Kami akan membahas contoh penulisan amplop surat lamaran kerja, format penulisan amplop surat lamaran kerja, contoh surat lamaran kerja yang benar, cara membuat amplop surat lamaran kerja, desain amplop surat lamaran kerja, dan juga tips penulisan amplop surat lamaran kerja yang berkesan.

Format Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja

Penting untuk mengetahui aturan dan format penulisan amplop surat lamaran kerja yang benar agar surat lamaran Anda sampai ke tangan perekrut dengan baik. Berikut adalah aturan dan format penulisan amplop surat lamaran kerja yang harus Anda perhatikan:

Jenis AmplopUkuranWarnaFormat Alamat
Amplop C4229 x 324 mmPutih atau cokelatAlamat ditulis di tengah amplop
Amplop C5162 x 229 mmPutih atau cokelatAlamat ditulis di tengah amplop
Amplop C6114 x 162 mmPutih atau cokelatAlamat ditulis di tengah amplop
Amplop DL110 x 220 mmPutih atau cokelatAlamat ditulis di kanan atas amplop

Alamat penulis surat ditulis di pojok kiri atas amplop. Sedangkan alamat penerima surat ditulis di tengah amplop atau di kanan atas amplop, tergantung dari jenis amplop yang digunakan. Pastikan tulisan alamat jelas dan mudah dibaca. Jangan lupa menuliskan nama lengkap perusahaan serta alamat lengkap perusahaan perekrut.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Bagian ini akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang benar. Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus disiapkan oleh pelamar kerja untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat lamaran kerja mencakup informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi lain yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang dapat digunakan sebagai panduan dalam menulis surat lamaran kerja Anda sendiri:

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 01 Januari 2022

Kepada Yth,

Bagian Sumber Daya Manusia

PT. Contoh Perusahaan

Jl. Contoh No. 123

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap: Contoh Nama

Jenis Kelamin: Laki-laki

Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 01 Januari 1990

Agama: Islam

Status: Belum Menikah

Alamat: Jl. Contoh No. 123, Jakarta Selatan

No. Telepon: 08123456789

Email: [email protected]

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT. Contoh Perusahaan untuk posisi sebagai Marketing Executive. Saya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun di bidang pemasaran dan telah bekerja di beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Saya juga memiliki pendidikan yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan dan telah mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi di bidang pemasaran.

Saya meyakini bahwa saya memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini dan siap untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Saya juga siap untuk belajar dan berkembang di bawah bimbingan pimpinan yang terhormat.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Contoh Nama

Contoh Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang benar:

Nama Penerima: Bagian Sumber Daya Manusia
Nama Perusahaan: PT. Contoh Perusahaan
Alamat Perusahaan: Jl. Contoh No. 123, Jakarta Selatan
Kota: Jakarta Selatan 12345

Perhatikan bahwa alamat pada amplop harus ditulis dengan lengkap dan jelas agar surat dapat terkirim dengan tepat waktu dan ke tempat yang benar.

Cara Membuat Amplop Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja tidak hanya tentang menulis konten yang tepat, tetapi juga tentang membuat amplop yang profesional. Amplop surat kerja yang baik membantu membuktikan bahwa surat aplikasi Anda cocok dengan standar perusahaan yang Anda lamar. Berikut adalah panduan tentang cara membuat amplop surat lamaran kerja yang baik:

  1. Menentukan ukuran amplop yang tepat: Pastikan amplop yang Anda gunakan cocok untuk surat lamaran kerja. Ukuran standar adalah 24 cm x 11 cm. Anda dapat memilih antara amplop biasa atau amplop dengan jendela yang menunjukkan alamat Anda.
  2. Menentukan font dan ukuran yang tepat: Pilih font yang jelas dan mudah dibaca seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 atau 14. Pastikan bahwa format penulisan Anda konsisten dengan format surat lamaran kerja Anda.
  3. Menentukan informasi yang harus dimasukkan: Amplop surat lamaran kerja harus mencantumkan nama dan alamat penerima di sisi depan dan nama dan alamat pengirim di sisi belakang. Pastikan informasi tersebut ditulis dengan jelas dan mudah dibaca.
  4. Menghindari kesalahan: Pastikan informasi yang Anda tulis di amplop benar dan tidak salah alamat. Kesalahan kecil seperti ejaan yang salah atau informasi yang tidak lengkap dapat menyebabkan surat Anda tidak diterima atau terlambat diterima oleh perusahaan.
  5. Menambahkan kode pos: Jangan lupa menambahkan kode pos pada alamat Anda untuk memastikan surat lamaran kerja Anda sampai tepat waktu.
  6. Menggunakan amplop yang bersih: Pastikan amplop Anda bersih dan rapi. Jangan menggunakan amplop yang sudah terlipat atau tercoreng, karena bisa memberikan kesan yang buruk.
  7. Menggunakan stempel perusahaan: Jika Anda sudah bekerja di perusahaan tertentu, pastikan Anda menggunakan amplop dengan stempel perusahaan. Ini akan memberikan kesan profesional dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat membuat amplop surat lamaran kerja yang profesional dan meningkatkan peluang Anda dalam meraih pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali sebelum mengirimkan surat aplikasi Anda!

Tips Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja yang Berkesan

Berikut adalah tips penulisan amplop surat lamaran kerja yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima dalam pekerjaan yang diimpikan:

Jangan Lupakan Format yang Tepat

Selalu perhatikan format penulisan amplop yang tepat. Pastikan alamat penerima terletak di bagian tengah dan jelas terlihat. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan ukuran huruf yang sesuai. Hal ini akan membantu perekrut mencari dan membuka surat lamaran kerja Anda dengan mudah.

Sertakan Informasi yang Diperlukan

Pastikan untuk mencantumkan informasi yang diperlukan, seperti nama perusahaan yang ingin Anda lamar, posisi yang Anda inginkan, serta nama lengkap dan alamat Anda sendiri. Pastikan informasi tersebut ditulis dengan jelas dan mudah dibaca.

Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tepat

Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan padat. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit dipahami atau bahasa slang. Pastikan bahwa bahasa yang Anda gunakan sesuai dengan konteks surat lamaran kerja.

Perhatikan Tampilan Amplop

Selain menulis alamat dengan benar, perhatikan juga tampilan amplop yang Anda gunakan. Pilih amplop yang warnanya netral dan tidak terlalu mencolok. Anda bisa menambahkan logo atau tanda tangan Anda untuk memberikan kesan lebih profesional.

Review Kembali Sebelum Dikirim

Sebelum mengirimkan amplop surat lamaran kerja Anda, pastikan untuk mengecek kembali kesalahan penulisan atau kesalahan dalam format amplop. Review dan perbaiki kesalahan tersebut sebelum amplop dikirimkan.

Contoh Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja yang Baik

Berikut adalah contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik:

PT. XYZ
Jl. Raya Jendral Sudirman No. 10
Jakarta Pusat 12345

Attn: HRD Department
Dear Sir/Madam,
Application for the position of Marketing Manager

Sincerely,
John Doe
Jl. Jendral Sudirman No. 20
Jakarta Selatan 67890