free html hit counter
Lockscreen Iphone di IOS 16 Mirip Lockscreen XIAOMI Benarkah

Lockscreen Iphone di IOS 16 Mirip Lockscreen XIAOMI, Benarkah?

Lockscreen Iphone di IOS 16 Mirip Lockscreen XIAOMI, Benarkah? – Apple mengumumkan pembaruan iOS 16 di Worldwide Developers Conference (WWDC).

Di antara fitur menarik iOS 16 yang diumumkan Apple adalah kemampuan pengguna untuk mengubah tampilan layar kunci.

Baca Juga: Harga Redmi 9A Hingga Xiaomi 12 Terbaru 2022

Fitur ini tidak inovatif dan sebenarnya fitur yang sama yang disediakan oleh perangkat lunak  MIUI pada ponsel Xiaomi. Oleh karena itu, beberapa netizen yang berkomentar  menganggap iOS 16 mencuri inovasi MIUI.

Klaim ini tidak hanya didasarkan pada kesamaan fitur perubahan lock screen iOS 16. Pasalnya, super wallpaper yang digunakan untuk sistem operasi tersebut juga dianggap menggunakan objek Earth, seperti Xiaomi.

Super Wallpaper adalah wallpaper hidup untuk membuat latar belakang wallpaper layar kunci Anda terlihat dinamis di layar depan ponsel Anda.

Xiaomi sendiri telah menggunakan gambar Bumi untuk wallpaper pada tahun 2020. Untuk itu, banyak netizen yang beranggapan bahwa “semua fitur iOS 16 berbasis MIUI.” Beberapa netizen mengatakan bahwa iOS meniru MIUI.

Fitur Super Wallpaper pertama kali dirilis oleh Xiaomi di MIUI 12. Perusahaan China ini menggunakan tema planet Mars sebagai objek wallpaper super.

Saat Smartphone Anda terkunci, seluruh layar akan dihiasi dengan planet visual. Namun, saat Anda membuka kuncinya, dataran planet akan terlihat jelas setelah Mars diperbesar di layar smartphone Anda.

Sebagai perbandingan, menurut Gizchina, kedua latar belakang tersebut sebenarnya menggunakan benda-benda planet. Namun, animasi MIUI Xiaomi jauh lebih halus daripada iOS 16.

Selain itu, transisi visual yang ditampilkan iOS 16 pada Super Wallpaper tidak jauh berbeda, karena hanya menampilkan gambar Bumi dari jarak jauh di layar kunci dan layar beranda.

BACA JUGA  Sony Mengatakan Kamera Smartphone Akan Lebih Baik Daripada Kamera Digital Dan Kamera Mirrorless

Kemiripan antara konsep visual Xiaomi dan Apple bukanlah yang pertama kali terjadi. Undangan konferensi pers Apple pada 2021 juga mirip dengan desain yang diadopsi Xiaomi pada 2018.

Kedua undangan tersebut didekorasi dengan visual seperti kembang api dengan keterangan di tengah dan bawah gambar.

Bedanya, kembang api di undangan Apple membentuk logo Apple sedangkan Logo merek Xiaomi ditempelkan pada undangan perusahaan di sudut kanan gambar, berbeda dengan gambar kembang api yang ditampilkan.

Meskipun serupa, penggemar Apple percaya bahwa Xiaomi lah yang menyalin konsep produk-produknya Apple.

jadi, bagaimana menurutmu?