free html hit counter
Internet Explorer Resmi Ditutup Hari Ini

Internet Explorer Resmi Ditutup Hari Ini

Internet Explorer Resmi Ditutup Hari Ini – Selamat tinggal Internet Explorer (IE), mungkin itu menjadi kalimat yang pas untuk saat ini karena alat pencari internet explorer akan secara resmi ditutup per hari ini Rabu 15 Juni 2022, menurut pengumuman di blog resmi Microsoft.

Oleh karena itu, Microsoft akan menghentikan semua dukungan untuk Internet Explorer. Sudah  27 tahun browser ini menjadi aplikasi bawaan untuk sistem operasi Windows. Selanjutnya tidak ada lagi fitur baru atau pembaruan keamanan di masa mendatang.

Internet Explorer (sebelumnya Microsoft Internet Explorer) pertama kali diperkenalkan pada 17 Agustus 1995. Browser ini dibangun dari source code browser Mosaic yang dibuat oleh Spyglass Inc. Saat itu, Microsoft membeli lisensi dari Spyglass Mosaic.

Microsoft sendiri saat ini sedang mengembangkan browser internet baru yaitu Edge. Edge juga memiliki mode serta fitur yang dipakai di Internet Explorer, serta dapat mengatasi banyak masalah Internet Explorer, termasuk keamanan.

“Karena Microsoft Edge bisa menangani tugas ini, maka aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan dipensiunkan dan tak lagi didukung pada 15 Juni 2022, untuk beberapa versi Windows 10,” tulis Microsoft.

Edisi Windows 10 yang memenuhi syarat termasuk Windows 10 (Client of Things / Internet) versi 20H2 dan yang lebih baru.

Sean Lyndersey dari Microsoft Edge Program mengklaim bahwa Microsoft Edge lebih aman digunakan untuk tujuan komersial dari pada browser Google Chrome. Edge juga dikatakan mampu mendukung berbagai website modern.

“Microsoft Edge tidak hanya lebih cepat, aman, dan memiliki pengalaman berselancarnya yang modern dibandingkan Internet Explorer, tetapi ada masalah yang lebih serius, yakni penyesuaian situs dan aplikasi yang sudah lawas,” tegas Sean, dikutip dari The Economi Times, Rabu (15/6/2022).

BACA JUGA  Download Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Gratis untuk HP kamu!

Lalu, apa yang menjadi sebab internet explorer tutup? berikut analisa dailyinfoplus.com :

Kalah kompetisi

Microsoft sendiri sudah mengumumkan dari 2015 bahwa mereka akan menghentikan Internet Explorer. Tepatnya, ketika Microsoft Edge dirilis pada OS Windows 10 yang terbaru.

Setahun kemudian, Microsoft berhenti mengembangkan fitur di browser Internet Explorer.

Internet Explorer sering disebut sebagai browser jadul dan ketinggalan zaman, tapi perlu diketahui bahwa Internet explorer mencapai puncaknya pada tahun 2003. Saat itu, Internet Explorer digunakan oleh 95% pengguna Internet dunia.

Namun, jumlah basis pengguna Internet Explorer menurun secara signifikan, karena tidak bisa bersaing dengan pesaing lain, terutama dalam hal penampilan dan fungsionalitas.

Selain itu, kehadiran browser Google Chrome, Firefox dan Safari akan memungkinkan pengguna untuk perlahan meninggalkan Internet Explorer.

itulah sebab Internet explorer tutup setelah menemani selama 27 tahun ini.