Contoh Transformasi Digital di Indonesia

Contoh Transformasi Digital di Indonesia

Contoh Transformasi Digital di Indonesia – Apa kamu mencari info mengenai contoh transformasi digital?

Sekarang ini tehnologi berkembang demikian cepat. Salah satunya perubahan tehnologi ialah pada bidang digital. Dengan perubahan ini terbentuklah sebuah transformasi digital.

Baca Juga: On Demand Service dan Contohnya

Di Indonesia bahkan juga dunia ada banyak contoh transformasi digital oleh perusahaan yang sukses. Tetapi saat sebelum ke ulasan itu baca dahulu ulasan selengkapnya di bawah ini.

Transformasi Digital Adalah

Transformasi digital sebuah taktik untuk tingkatkan nilai produk. Dengan manfaatkan tehnologi digital, perusahaan bisa tingkatkan keuntungan (nilai chain).

Transformasi digital sudah mengubah semua kegiatan usaha. Dari yang manual ke digitalisasi automatis. Sekarang ini kita dapat secara mudah mendapati beberapa misalnya.

Karena di Indonesia sendiri, telah banyak perusahaan mengaplikasikan taktik ini.

Manfaat Transformasi Digital

Saat sebelum mengulas contoh transformasi digital, kita harus juga ketahui faedahnya. Berikut ulasannya :

1. Tingkatkan Mobilisasi Perusahaan

Peristiwa perubahan digital di dunia benar-benar sangat berasa. Hal itu bisa dibuktikan dari jumlahnya pemakaian beberapa alat digital seperti handphone, netbook, computer, tablet dan lain-lain sebagai alat berkomunikasi.

Menjadi perusahaan bisa memakainya untuk tingkatkan pemasaran dan kepuasan konsumen setia (konsumen satisfaction). Triknya ialah mengubah kegiatan usaha dari manual ke pangkalan digitalisasi.

2. Tingkatkan Daya Saing Perusahaan

Sekarang ini perusahaan yang mengaplikasikan transformasi digital. Lebih condong diputuskan customer dibandingkan yang tidak mengaplikasikannya.

Sudah pasti karena lewat tehnologi digital, proses pembelian produk lebih gampang.

Dari hal itu, karena itu perusahaan yang mengaplikasikan taktik ini lebih mempunyai daya saing dibanding perusahaan yang memakai mekanisme manual. Perusahaan memang seharusnya cepat dalam sesuaikan perubahan zaman.

3. Tingkatkan Keproduktifan

Karena memungkinkannya mempermudah proses usaha, karena itu keproduktifan perusahaan akan bertambah saat lakukan transformasi digital. Banyak tools yang dapat dipakai secara automatis. Hingga proses berjalannya usaha jadi lebih cepat.

BACA JUGA  5 Tips Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Lewat Live Streaming

Jenis Transformasi Digital

Ada banyak tipe transformasi digital sekarang ini. Apa sajakah? Berikut penuturannya.

1. Konsumen Pengalaman

Customer memerlukan perhatian khusus dari sebuah perusahaan. Tipe konsumen pengalaman ini mempunyai konsentrasi pada servis.

Perusahaan harus memberi kesan-kesan baik dari customer sesudah memakai produk.Khususnya customer yang beli produk lewat basis digital.

Tipe ini akan konsentrasi pada arah kenaikan jumlah konsumen setia.

Dengan manfaatkan tehnologi, perusahaan bisa memberi pengalaman berbelanja yang bagus. Hingga konsumen touchpoint dari perusahaan akan bertambah.

2. Operational Process

Tipe ke-2 ini lebih fokus pada transformasi digital dari segi intern perusahaan dan arah kenaikan keproduktifan dan efektivitas proses kerja di perusahaan.

Tipe ini umumnya berbentuk digitalisasi administrasi dan keuangan, dan di proses distribusi produk. Untuk memperoleh efektivitas waktu, perusahaan memerlukan hal itu.

3. Business Mode

Tipe yang ke-3 ialah business mode. Business mode akan mengganti tipe produk menjadi produk digital. Produk digital pada tipe business mode seperti games, program dan yang lain.

Contoh Transformasi Digital

Lakukan transformasi digital sedang jadi tren untuk pebisnis. Banyak usaha yang pada akhirnya memakai tehnologi digital untuk beberapa bahkan juga semua proses usahanya.

Sekarang ini sebenarnya telah banyak implikasinya di dunia. Untuk memperjelasnya, berikut akan dihidangkan daftar contoh transformasi digital oleh beberapa produk dan jalan sukses.

1. Tokopedia

Perusahaan pertama kali yang sukses lakukan transformasi digital ialah Tokopedia. Marketplace dari Indonesia ini berdiri di tahun 2009. Perusahaan ini bukanlah cuma populer di Indonesia saja, tetapi telah populer di Asia Tenggara.

Tokopedia sebuah marketplace untuk transaksi bisnis pemasaran dan pembelian produk yang sudah dilakukan lewat cara online. Ide marketplace yang gampang dan nyaman dipakai, membuat perusahaan ini jadi favorite banyak customer.

BACA JUGA  Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kredit UMKM, BCA Bekerjasama Dengan Fintech Komunal

Keberhasilan Tokopedia bisa dibuktikan dari jumlahnya penghargaan yang dipakainya. Penghargaan itu seperti International Data Corporation (IDC) Indonesia yang masuk ke kelompok Digital Transformer of the Year.

2. Gojek

Siapakah yang tidak mengenali Gojek. Perusahaan ini sekarang ini betul-betul mengganti muka transportasi di Indonesia. Suksesnya dalam kuasai pasar terang karena pengembangannya dalam manfaatkan tehnologi digital.

Lewat Gojek, tukang ojek semakin bertambah citranya dalam masyarakat. Hal itu karenanya tergabung di Gojek, beberapa tukang ojek yang awalannya harus menanti konsumen setia dari pangkalan, sekarang ini pesanan dapat dilaksanakan lewat handphone.

Karena pengembangannya itu, Gojek pada akhirnya dapat sukses dan mengantarkannya menjadi satu diantara perusahaan dengan valuasi lebih dari 142 triliun rupiah. Hal itu jadikan Gojek sebagai perusahaan deca core.

3. OVO

Perusahaan digital yang sukses setelah itu OVO. OVO memberi service ke konsumen setia untuk memudahkan dalam transaksi bisnis lewat online. Sekarang ini, service OVO telah banyak dipakai oleh warga.

OVO sebagai salah satunya perusahaan digital yang sukses juga. Beragam penghargaan sukses dicapai, seperti penghargaan dari IDC Indonesia dengan kelompok Digital Transformer of the Year.

4. Domino’s Pizza

Transformasi digital sangat menyebar pemakaianya di luar negeri. Salah satunya perusahaan luar negeri yang melakukan ialah Domino’s Pizza. Domino’s Pizza ialah perusahaan sektor makanan dari Amerika.

Digitalisasi yang sudah dilakukan Domino’s Pizza ialah konsentrasinya pada servis yang diprioritaskan untuk angkatan Z. sama seperti yang telah dijumpai jika angkatan Z sebagai angkatan yang paling dekat dengan tehnologi digital.

Berdasar konsentrasinya itu, pada akhirnya Domino’s Pizza mengeluarkan basis Anywhere. Yakni basis yang bisa mempermudah konsumen setia saat lakukan pemesanan produk cuma dari program.

BACA JUGA  Butuh Uang Tambahan? Clickworker Bisa Menjadi Solusi Untuk Anda!

Lewat basis itu, pada akhirnya jadikan Domino’s Pizza jadi perusahaan yang bagus sekali dan banyak jadi opsi customer. Dari basis ini juga, Domino’s Pizza sukses sasaran 50 % pemesanan lewat media digital.

5. Sephora

Produk luar negeri yang lain sukses saat lakukan transformasi digital ialah merek Sephora. Merek asal perancis ini sebagai penyuplai produk kecantikan seperti kosmetik, bodi care, hair care, minyak wangi dan lain-lain.

Transformasi digital yang sudah dilakukan Sephora yakni dengan menyatukan pemasaran digital dan tradisionil, dan fokus pada servis dan kepuasan konsumen setia.

Sephora mempunyai sebuah sarana Colour Match. Colour Match dibikin dengan manfaatkan kepandaian bikinan. Sarana ini bisa dipakai untuk mencocokan warna kulit dengan kosmetik yang pas dengan konsumen setia.

Disamping itu, hal menarik lain dari Sephora ialah ada feature Virtual Artist, yang mana konsumen setia dapat coba produk tanpa tiba langsung ke arah tempat, alias lewat virtual.

Lewat pengembangan yang sudah dilakukan, sekarang ini Sephora jadi merek kecantikan kelas dunia yang paling disukai oleh warga. Hal itu jadikan Sephora benar-benar bersaing dalam berkompetisi dengan merek yang lain.

Begitu ulasan umum contoh transformasi digital. Supaya bisa bertahan di tengah-tengah perubahan jaman yang cepat sekali, perusahaan dituntut selalu untuk lakukan pengembangan usaha.