mengapa begitu banyak vendor smartphone membuat tablet android 1a856a8

Mengapa Begitu Banyak Vendor Smartphone Membuat Tablet Android

-Tablet hadir kembali sejak pandemi. Laporan IDC tentang pasar tablet global pada kuartal II-2020 menunjukkan peningkatan sebesar 18,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Berbeda dengan tablet, pengiriman smartphone di masa pandemi justru menurun. Pada kuartal kedua tahun 2020, laporan IDC menunjukkan bahwa penjualan smartphone global turun 20,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Pasar tablet juga sedang booming dengan banyak merek, karena hampir semua penjual smartphone juga menawarkan tablet. Contohnya Vivo, Realme, Oppo yang awalnya fokus pada smartphone. Jadi mengapa pembuat smartphone kecil membuat tablet?

Menurut Gizchina, alasan pembuat smartphone memperluas ke tablet adalah karena pengiriman smartphone melambat. Selain itu, vendor ponsel sedang menjajaki pasar tablet karena siklus penggantian ponsel yang lebih lama.

Istilah-istilah ini mendorong produsen ponsel untuk mengadopsi strategi yang lebih stabil dan konservatif. Karena pasar menghadapi tantangan sepanjang tahun.

Selain banyak pembuat smartphone yang sudah populer, Google mengatakan pada Google I/O 2022 Developer Conference bahwa akan kembali ke pasar tablet tahun depan dengan peluncuran Tablet Pixel.

Namun, tablet hanya pelengkap sebagai jam tangan pintar dan smartphone, bukan bisnis utama perusahaan.

Tren tablet selanjutnya

Berdasarkan presentasi Apple iPad OS 16 di WWDC 2022 dan Google I/O, tren tablet selanjutnya adalah layar yang lebih profesional. Juga, ukuran layar mungkin besar.

Rumor beredar bahwa Apple akan merilis iPad 14,1 inci tahun depan. Awal tahun ini, Samsung meluncurkan Galaxy Tab S8 Ultra dengan layar 14,6 inci.

Tren kedua adalah perangkat lunak yang lebih khusus untuk tablet. Ini karena ada banyak aplikasi yang saat ini tidak dioptimalkan untuk tablet. Oleh karena itu, di masa depan, pengguna akan ditawari aplikasi versi tablet yang berbeda.

BACA JUGA  Jack Ma Muncul Kembali Dan Mengunjungi Kampus Belanda Untuk Belajar Pertanian

Baik iPad OS dan sistem operasi Android (OS) juga dioptimalkan. Dengan cara ini, tablet mendapatkan lebih banyak fitur.

Selain itu, integrasi antar perangkat menjadi mudah. Misalnya, data dapat ditransfer antara laptop dan tablet melalui sistem operasi, membuat integrasi antara laptop dan tablet lebih mulus.

DailyInfoPlus.com