Apakah Aman Membuka HP Saat Mengisi BBM di SPBU

Buka HP Saat Isi BBM di SPBU, Amankah?

Buka HP Saat Isi BBM di SPBU, Amankah? – Mulai 1 Juli 2022, Anda harus menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Solar bersubsidi. Namun pertanyaannya, apakah aman membuka HP saat mengisi BBM di SPBU?

Seperti diketahui, SPBU selalu melarang penggunaan ponsel di SPBU. Alasannya adalah faktor keamanan.

Saat ini, membeli BBM bersubsidi diharuskan menggunakan aplikasi MyPertamina, dimana masyarakat perlu mengoperasikan ponsel mereka di SPBU. Tentu saja faktor keamanan yang menjadi alasan diawal patut dipertanyakan kembali.

Sebagai tanggapan, Lucky Sebastian sebagai pengamat gadget mengatakan membuka HP saat mengisi BBM di SPBU itu aman. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Adam Burgess dari University of Kent.

“Dia selama 11 tahun meneliti 243 kebakaran di SPBU seluruh dunia, ternyata tidak satu pun yang disebabkan oleh ponsel,” ungkap Lucky.

Menurut dia, dugaan ponsel dilarang penggunaannya di SPBU, bermula dari surat kabar Guardian pada tahun 2005. Dilaporkan bahwa seorang pengendara sepeda motor yang sedang mengisi bahan bakar merogoh saku baju dan celananya untuk mencari ponselnya. Tak lama kemudian, ada api dari motornya yang sedang mengisi BBM.

Lucky menyangkal tentang teori sinyal ponsel bisa memicu keluarnya api. hal ini dikarenakan sinyal dari ponsel terlalu kecil untuk menyulut uap gas dari bahan bakar. Demikian pula, tentang teori bahwa sinyal HP mempengaruhi mesin SPBU.

“Sinyalnya terlalu kecil, bahkan televisi yg dulu kadang-kadang terganggu zaman awal ponsel, sekarang tidak lagi kan? Ini karena untuk bisa beroperasi di sebuah negara ada ukuran SAR (Specific Absorption Rate) yang ada batas maksimalnya saat mengenai kepala atau badan sehingga tidak mempengaruhi kesehatan,” jelas Lucky.

BACA JUGA  Bisa Bayar Patungan di Gopay, Begini Caranya

Diperkirakan larangan HP saat mengisi BBm terjadi karena Pengguna itu sendiri.

“Di luar negeri mengisi sendiri bahan bakar, bukan petugas seperti di kita, sehingga bisa kehilangan konsentrasi karena bermain ponsel. Bisa mudal, salah isi jenis bahan bakar bahkan menjadi lama dan membuat antrean,” ujar Lucky.

Jadi untuk kalian yang masih ragu atas keamanan penggunaan ponsel di SPBU, dipastikan Aman ya! selamat bertransaksi menggunakan sistem Baru lewat Aplikasi MY Pertamina. untuk anda yang belum daftar Mypertamina bisa klik link dibawah ya!

Daftar Klik Disini Ya!

 

DailyInfoPlus.com