Tahun Depan Harga Smartphone Bakalan Makin Mahal Ini Penyebabnya

Tahun Depan Harga Smartphone Bakalan Makin Mahal, Ini Penyebabnya!

Tahun Depan Harga Smartphone Bakalan Makin Mahal, Ini Penyebabnya! – Beberapa tahun kedepan harga smartphone diprediksi akan lebih mahal. Pasalnya, pada Januari 2023 mendatang Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) disebut berencana untuk menaikkan harga layanan untuk memproduksi chip di pabrik mereka sebesar 6%.

Seperti yang telah diketahui,  TSMC memproduksi berbagai chip yang beragam untuk memasok ke perusahaan chip di dunia. Di antaranya adalah Qualcomm untuk Snapdragon 8 Plus Gen 1, Mediatek untuk chipset seri Dimensity dan Helio, hingga Apple untuk chipset seri Bionic.

Beragam System-on-Chip (SoC) tersebut juga dipakai oleh aneka smartphone yang dipasarkan secara global, termasuk di Indonesia. Nah, dengan naiknya harga biaya layanan untuk memproduksi chip di TSMC, maka pembuat chip macam Qualcomm hingga Mediatek kemungkinan juga akan menaikkan harga chip mereka ke vendor smartphone.

Dengan demikian, vendor smartphone, yang mengandalkan chipset buatan Qualcomm, Mediatek, hingga Apple akan turut menaikkan harga jual ponsel kepada konsumen, demi menutup biaya produksi untuk satu buah perangkat.

Lantas, mengapa TSMC memutuskan untuk menaikkan harga produksi chip di pabriknya di awal 2023 mendatang?

Biaya operasional yang meningkat

Hal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya adalah biaya ekstra yang mungkin diperlukan untuk menambah kapasitas pabrik TSMC di Taiwan.

Konon, TSMC sendiri saat ini memang tengah berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka demi mengamankan pesanan konsumen TSMC untuk jangka panjang.

Namun, hal itu kabarnya terhalang oleh peralatan atau mesin pabrik baru yang kemungkinan akan memakan waktu untuk dikirim ke TSMC, belum lagi proses pengaturan dan pemasangan mesin-mesin tersebut. Terlebih, TSMC juga disebut bakal mulai memproduksi chip menggunakan teknologi fabrikasi terbaru 3 nanometer (nm).

BACA JUGA  Harga Oppo Find X5 Pro 5G Resmi Diumumkan Di Indonesia

Nah, berbagai strategi produksi ini boleh jadi bakal berpengaruh pada ekspansi lini produksi hingga biaya operasional perusahaan asal Taiwan tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

Selain dari strategi di lini produksi, ada pula beberapa faktor pendukung yang disebut bisa mendorong TSMC meningkatkan harga produksi chip di pabrik mereka.

Beberapa di antaranya seperti meningkatnya harga listrik, pembayaran gaji, hingga komponen inti untuk membuat chip, Lalu, apakah harga smartphone akan benar-benar naik tahun depan? Akankah TSMC benar-benar meningkatkan harga layanan produksinya dan memberikan efek “domino” pada industri smartphone? Kita nantikan saja kepastiannya.

DailyInfoPlus.com