free html hit counter
quipper bagikan beasiswa sebesar rp 41 6 miliar 0c79ff1

Quipper Bagikan Beasiswa Sebesar Rp 41,6 Miliar

Quipper Bagikan Beasiswa Sebesar Rp 41,6 Miliar – Melalui Quipper Scholarship Awards (QSA) 2022, Quipper telah menyalurkan total beasiswa sebesar Rp41,6 miliar.

Beasiswa diberikan kepada 1.570 siswa lulusan kelas 12 atau SMA/sederajat dengan usia maksimal 20 tahun. Jumlah ini naik 52,7% dibandingkan total penerima program QSA tahun 2021 lalu. Fyi, QSA ini sudah diadakan sejak tahun 2020.

Ada dua jenis beasiswa yang di salurkan Quipper, yang pertama beasiswa penuh (Full Scholarship) dan beasiswa parsial (Parsial Scholarship), dengan total beasiswa Rp 41,6 miliar.

Ivonny Sualdani, Direktur Strategi dan Perencanaan Quipper Indonesia, mengatakan program QSA 2022 dibuka kembali untuk membantu siswa dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan tinggi mereka selama masa pemulihan ekonomi seperti saat ini.

“Kita mengetahui dampak pandemi 2 tahun terakhir sangat besar terhadap perekonomian di Indonesia dan tentunya ini mempengaruhi kemampuan orang tua dalam pembiayaan kuliah. Kami berharap dengan adanya program QSA 2022 ini, Quipper dapat membantu anak-anak Indonesia untuk pantang menyerah dalam menggapai mimpi mereka, sekalipun kondisi ekonomi atau daerah mereka tidak memungkinkan. Kami berharap angka partisipasi kuliah di Indonesia bisa tetap meningkat dari tahun ke tahun,” kata Ivonny.

Seluruh penerima beasiswa QSA 2022 sebelumnya telah melewati proses seleksi mulai dari pendaftaran hingga rangkaian ujian. Tahun ini, QSA memulai fase pendaftaran yang lebih lama sekitar tiga bulan dari 3 Januari hingga 18 Maret 2022, dengan harapan dapat menarik lebih banyak siswa dari seluruh Indonesia. Hasilnya, QSA 2022 berhasil menyeleksi 2.979 pelamar dan menjalani serangkaian tes dari Quipper Campus dan mitra kampus.

Dua belas mitra kampusnya antara lain Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT-PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, Indonesia Banking School (IBS), Institut Teknologi Telkom Jakarta, Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)

BACA JUGA  Tahun Depan Harga Smartphone Bakalan Makin Mahal, Ini Penyebabnya!

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Kepala LL DIKTI Wilayah III (Jakarta) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengapresiasi acara QSA 2022 ini. ia menganggap bahwa QSA Ini menjadi ajang bekal pendidikan berkualitas tinggi untuk modal masa depan siswa dalam kelompok yang kurang beruntung secara ekonomi. Penerima beasiswa akan berdaya saing di era digital dan global dengan semangat Pancasila. “Program QSA 2022 membawa misi yang sama dengan program KIP Kuliah Merdeka yang dicanangkan pemerintah untuk memastikan setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam melanjutkan ke pendidikan tinggi, tanpa memandang latar belakang ekonomi, status sosial, maupun daerah asal, melainkan berdasarkan potensi diri dan kemampuan untuk belajar di perguruan tinggi,” ujar Paris.

Di masa depan, Paristiyaanti Nurwardani berharap agar QSA bisa mengundang lebih banyak universitas swasta untuk bergabung dan memberikan lebih banyak siswa berbakat namun ekonomi kurang mampu untuk terus mendapat pendidikan tinggi dan kesempatan yang lebih luas untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.