nikon tidak lagi mengembangkan kamera dslr benarkah 549320f

Nikon Tidak Lagi Mengembangkan Kamera DSLR, Benarkah?

Nikon Tidak Lagi Mengembangkan Kamera DSLR, Benarkah? – Perusahaan lensa dan kamera asal Jepang, Nikon dikabarkan telah berhenti memproduksi model terbaru dari seri DSLR.

Sebaliknya, Nikon kedepan akan fokus secara eksklusif pada seri kamera mirrorless.

Setidaknya itulah yang dilaporkan Nikkei dan banyak media lainnya. Desas-desus menyebar karena Nikon telah berhenti merilis kamera DSLR terbaru sejak Nikon D6 diluncurkan pada Juni 2020.

Produk terbaru dalam kategori kamera digital SLR memang belum dirilis, namun kabarnya mereka memproduksi kamera digital SLR yang sudah banyak beredar di pasaran, seperti Nikon D6 hingga D3500.

Setelah menerima laporan itu, Nikon segera mengangkat suaranya. Menurut pernyataan di blog resmi Nikon, liputan media tersebut tidak benar.

“Laporan yang beredar secara online murni spekulasi, dan Nikon belum mengumumkan pengunduran dirinya dari bisnis DSLR,” kata Nikon.

Nikon tidak mengkonfirmasi atau membantah penarikan perusahaan Jepang dari pasar DSLR. Mereka baru saja mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan terus memproduksi kamera DSLR di masa depan.

Seperti disebutkan dalam laporan di atas, belum diketahui apakah DSLR bernama Nokon ini merupakan model baru atau model lama yang dikeluarkan Nikon selama ini.

“Kami menjamin Nikon akan terus memproduksi dan memberikan dukungan dan layanan perbaikan untuk kamera DSLR,” tambah Nikon.

Nikon pertama kali meluncurkan kamera DSLR profesional pada tahun 1999 dengan Nikon D1 yang dilengkapi dengan sensor kamera 2,7MP.

Portofolio kategori kamera DSLR Nikon telah berkembang dari waktu ke waktu hingga model terbaru, Nikon D6, yang akan dirilis pada tahun 2020.

Kemudian, di tahun 2018, Nikon memasuki pasar kamera yang tak tertandingi di seri Nikon Z dengan Nikon Z6 dan Z7.

BACA JUGA  Apple Mengubah Kata Sandi Dengan Kunci Sandi

Pengguna dengan fitur high-end yang hampir sama dengan bodi kompak dari kamera DSLR baru-baru ini mulai menarik perhatian pengguna ke kamera mirrorless.

Kedua kamera ini memiliki bentuk bodi yang berbeda tergantung dari teknologi light processing masing-masing kamera.

Kamera DSLR sebenarnya dilengkapi dengan berbagai kaca dan prisma yang memantulkan cahaya yang masuk melalui lensa, yang membuatnya lebih besar dan memungkinkan Anda melihat gambar di viewfinder.

Kamera mirrorless, di sisi lain, tidak memiliki kaca, seperti namanya. Namun, cahaya yang masuk ke lensa langsung diserap oleh sensor gambar dan diproyeksikan ke jendela bidik.

Terkait DSLR, Nikon baru-baru ini me-recall dua DSLR entry-level di kelas Nikon D3500 dan D5600, seperti dilansir The Verge, Rabu (13/7/2022).

Menurut Nikon, ini harus dilakukan untuk fokus pada kamera DSLR kelas menengah produk andalan masa depan dan target pasar saat ini: lebih dekat dengan anak muda.

Masih belum jelas apakah kedua kamera DSLR tersebut dihentikan produksinya karena ‘tidak laku’ atau kalah bersaing dengan kamera mirrorless.

DailyInfoPlus.com