free html hit counter
pengertian jenis contoh dan fungsi aplikasi pengolah angka 5cb4fc1

Pengertian, Jenis, Contoh, Dan Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsi Aplikasi Pengolah Angka -Tentu saja, untuk menggunakan komputer, Anda memerlukan beberapa program aplikasi. Tujuannya adalah untuk memudahkan kita melakukan beberapa hal. Komputer memiliki banyak program aplikasi. Salah satunya adalah program pemrosesan numerik.

Apa itu program pemrosesan angka?

Program pemrosesan numerik juga dikenal sebagai spreadsheet. Spreadsheet, yang diambil dari buku Desktop Applications (2021) karya Fieri Harry Utami dan Lenny Natalia Zuleta, adalah program aplikasi yang berisi data dalam format baris horizontal (baris) dan vertikal (kolom) untuk pemformatan dokumen.

Definisi aplikasi numerik atau spreadsheet adalah program komputer yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan, menghitung, dan menyimpan data dalam bentuk kolom dan baris, seperti dilansir situs web Merriam Webster.

Fungsi utama program pengolah angka adalah memiliki lembar kerja berupa kolom dan baris. Lembar kerja ini digunakan untuk memasukkan, memproses, dan menghitung data secara matematis. Hasil dapat berupa angka atau data statistik.

Fungsi program pemrosesan Angka

Fungsi utama dari program pemrosesan numerik adalah untuk menghitung dan memproses data dalam bentuk nilai numerik. Perangkat lunak aplikasi ini dapat digunakan untuk perhitungan matematis dan membantu melakukan analisis dengan menghasilkan data statistik dan sebagainya.

Selain fitur di atas, program penomoran memiliki tiga fitur lagi.

Jenis dan contoh program pemrosesan angka

Buku Modul Aplikasi Komputer Microsoft Office 2016 (2019) oleh ErnaRetno Rahadjeng dkk. Menjelaskan bahwa ada banyak jenis perangkat lunak pengolah numerik. Berikut beberapa jenis dan contohnya:

Menurut Jubilee Enterprise dalam Learning Computers for Everyone from Zero (2016), Microsoft Excel adalah jenis program pemrosesan numerik dengan tampilan ala spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom.

BACA JUGA  Cara Upgrade GoPay ke Gopay Plus

Perangkat lunak aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menghitung dan memanipulasi data dan membuat grafik. Agar dapat melakukan perhitungan, Excel memiliki beberapa rumus yang perlu diketahui agar dapat berfungsi. Misalnya, fungsi AVERAGE, SUM, MAX, MIN.

Lotus 123 adalah salah satu program manipulasi angka yang paling sering digunakan. Program ini berjalan di bawah kendali sistem operasi MSDOS. Lotus 123 telah dirilis oleh IBM. Saat diluncurkan, software ini sering dibundel dengan aplikasi Office lainnya atau disebut sebagai Lotus SmartSuite.

Kspread adalah perangkat lunak aplikasi spreadsheet yang diluncurkan oleh KOffice. Seperti Excel, program ini memiliki lembar kerja dalam bentuk kolom dan baris. KSpread menampilkan infografis, pemeriksa ejaan, lebih dari 100 fitur, dan kemampuan penyortiran data.

Tidak hanya itu, KSpread juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor spreadsheet dan lembar kerja lainnya dari format lain seperti Microsoft Excel dan perangkat lunak pengolah numerik lainnya.

Ini adalah perangkat lunak aplikasi pemrosesan numerik yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Perangkat lunak pengolah angka multi-platform. Artinya dapat berjalan di berbagai sistem operasi, dari Linux hingga Windows.

StarOffice Calc memiliki banyak fitur seperti fungsi dan rumus, dan kemampuan untuk menampilkan data dalam format grafik dalam format grafik atau bagan, memungkinkan pengguna untuk menambahkan rumus yang sulit.

Sebuah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland. Quattro pro memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan keuangan, matematika, statistik, atau tugas lainnya. Dengan software ini, pengguna dapat dengan mudah mengolah data dan menampilkannya dalam format grafik yang menarik.

Demikian Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsi Aplikasi Pengolah Angka. Semoga membantu!