Youtube Meminta Maaf Karena Streaming Lofi Girl Dihapus

Youtube Meminta Maaf Karena Streaming Lofi Girl Dihapus

Youtube Meminta Maaf Karena Streaming Lofi Girl Dihapus – YouTube meminta maaf karena sudah menghapus streaming musik terpopuler, Lofi Girl. Hari Minggu yang lalu, YouTube menghentikan siaran musik Lofi Girl karena dugaan pelanggaran hak cipta, yang ternyata merupakan tuduhan palsu.

Sebagai referensi, Lofi Girl adalah saluran streaming populer dengan gambar mini yang terinspirasi dari anime. channel ini menyediakan aliran musik dengan durasi panjang untuk alat bantu belajar dan tidur bagi banyak pendengarnya.

British Broadcasting Corporation (BBC) melaporkan pada hari Rabu (13/07/2022) bahwa pemilik Channel Lofi Girl mengumumkan bahwa channel mereka telah di takedown Youtube, setelah dua tahun ditayangkan terus-menerus. Hal ini pun memicu protes dari pendengar Lofi Girl.

Banyak yang mengklaim bahwa Lofi Girl yang memiliki dua live streaming telah berhasil membantu untuk fokus belajar dan sebagai lagu pengantar tidur. kedua saluran siaran ini jika di kombinasikan telah diputar hampir 800 juta kali, sehingga total waktu streaming menjadi 21.000 jam.

Ketika keduanya dihapus, penggemar menganggapnya sebagai kematian budaya yang penting di YouTube.

Salah satu penggemar Lofi Girl berkata, Lofi Girl telah membantu saya bertahan dalam waktu belajar yang menegangkan. Saya suka menonton ‘live’ dan mengetahui ada banyak orang yang juga mendengarkannya,”

Ketika YouTube menghapus saluran Lofi Girl, pemiliknya berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka.

Pemilik saluran Lofi Girl menyesali bahwa Youtube tidak terlebih dahulu mengkonfirmasi tuduhan klaim hak cipta sebelum menghentikan streaming mereka..

“Pada akhirnya, itu diluar kendali kami, dan bagian yang paling menyedihkan adalah tidak ada cara untuk mengajukan banding sebelumnya,” cuit pemilik saluran Lofi Girl.

“Kami melakukan upaya terbaik kami untuk mempertahankan live streaming berkualitas tinggi sepanjang waktu untuk pemirsa kami dan memastikan kami memenuhi kebijakan streaming tanpa meninggalkan alasan untuk menghapusnya,” tambah Lofi Girl.

BACA JUGA  Fitur Baru WhatsApp "Undo Delete" Untuk Mengembalikan Pesan Yang Dihapus

Jadi apa itu hak cipta?

Hak cipta atau copyright adalah hak hukum yang memberikan kendali kepada orang yang menciptakan sesuatu tentang bagaimana ciptaan itu digunakan.

Hak cipta berlaku untuk banyak karya, mulai dari musik, film, buku hingga foto.

Jika seseorang merasa bahwa karyanya digunakan oleh orang lain tanpa izin, Ia berhak untuk mengklaim karya tersebut sehingga dapat memaksa orang lain untuk tidak menggunakannya tanpa seizin dia.

Dalam beberapa kasus, seperti kritik dan komentar, penggunaan suku kata kecil atau potongan dapat diterima. Tetapi pada dasarnya, ada undang-undang yang berbeda di setiap negara.

Sistem dugaan pembajakan YouTube juga diyakini menghadapi sejumlah keluhan dari pembuat konten. Mereka percaya bahwa klaim pembajakan YouTube lebih menguntungkan dan lebih rentan disalahgunakan Oleh perusahaan besar.

YouTube berjanji untuk mempertimbangkan masalah klaim hak cipta palsu dalam kasus Lofi Girl. Sebagai referensi, YouTube membatalkan 2,2 juta klaim tahun lalu.

Saluran Lofi Girl sempat offline. Namun kini saluran tersebut kembali tayang. Sebelumnya, YouTube menyatakan bahwa akan memakan waktu 24-48 jam agar semuanya kembali normal.

YouTube juga mengatakan telah menghentikan akun yang bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta palsu terhadap Youtube Lofi Girl.

DailyInfoPlus.com