MyPertamina Akan Diblokir 20 Juli 2022 Ada Apa

MyPertamina Akan Diblokir 20 Juli 2022, Ada Apa?

MyPertamina Akan Diblokir 20 Juli 2022, Ada Apa? – Semua Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang beroperasi di wilayah Indonesia wajib melakukan pendaftaran kepada pemerintah, baik berupa aplikasi dalam negeri maupun luar negeri. Dan ternyata, aplikasi myPertamina itu belum terdaftar. Apakah MyPertamina akan diblokir Juga?

Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan Domain Pribadi seperti Google, Facebook, Twitter dan Gojek dan lainnya mereka harus mendaftar paling lambat 20 Juli 2022.

Hal ini dilakukan untuk melakukan pendataan aplikasi legal dan ilegal, berhak dan tidak berhak aplikasi aplikasi ini beroperasi di Indonesia.

Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengaku telah malkukan sosialisasi selama dua tahun terkait pendaftaran PSE tersebut. Jika batas waktu berakhir, maka PSE yang belum terdaftar akan dinyatakan ilegal dan Kominfo berhak memblokirnya.

Lantas, Bagaimana nasib PeduliLindungi dan MyPertamina? Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa Peduli Lindungi telah terdaftar sebagai Penyelenggaraan Sistem Elektronik dalam lingkup publik.

“Sedangkan untuk MyPertamina sebagai PSE Lingkup Privat wajib memenuhi ketentuan pendaftaran dan dapat melakukan pendaftaran melalui sistem OSS (Online Single Submission-red),” sambung Menkominfo, Jumat (15/7/2022).

Sebelumnya, Kominfo mengimbau PSE dalam negeri maupun luar negeri untuk segera mendaftarkan diri ke pemerintah sebagai PSE Lingkup Privat.

Sementara itu, di laman pse.kominfo.go.id siang tadi, jumlah PSE lokal yang sudah terdaftar di private domain mencapai 5.488, di antaranya Gojek, Gopay, Ovo, Tokopedia, Traveloka hingga Bukalapak.

Sedangkan PSE luar negeri yang terdaftar berjumlah 82 PSE, yang terdiri dari TikTok, Spotify, Mi Chat, Resso, Capcut, Ragnarok X: Next Generation, ShareIt, dan Linktree.

Namun, nama-nama seperti Google, Facebook, Twitter, Instagram, Netflix, bahkan MyPertamina pun belum terdaftar sebagai PSE Legal di Kominfo.

BACA JUGA  Kerugian Memakai WhatsApp Versi Mod, Bisa Sampai Diblokir.

Sekian informasi terkait MyPertamina Diblokir 20 Juli 2022, Kenapa? semoga bermanfaat!

Berikan komentar dan tanggapan terkait informasi yang kami sajikan, untuk meningkatkan kualitas menulis dan memberikan informasi untuk kalian semua. Terima kasih!

DailyInfoPlus.com