Fitur Baru WhatsApp Bisa Keluar dari Grup Tanpa Ketahuan

Fitur Baru WhatsApp Bisa Keluar dari Grup Tanpa Ketahuan

Fitur Baru WhatsApp Bisa Keluar dari Grup Tanpa Ketahuan – WhatsApp telah meluncurkan banyak fitur baru. Diantaranya adalah fungsi “Keluar dari grup tanpa notifikasi”. Seperti namanya, pengguna WhatsApp yang tergabung dalam grup bisa diam-diam keluar dari ruang obrolan tanpa adanya pemberitahuan.

Pada saat pengguna keluar dari grup (Leave grup), tidak akan ada notifikasi yang ditampilkan di ruang obrolan. Tidak seperti sebelumnya, setiap kali anggota grup meninggalkan chat, pemberitahuan “nomor/nama kontak) leave group” akan muncul di ruang obrolan.

Sehingga semua anggota grup mengetahui kapan seseorang telah meninggalkan grup. Bagi sebagian pengguna WhatsApp-nya, status ini bisa menimbulkan rasa malu dan ketidaknyamanan.

Namun, ini tidak berarti bahwa tidak ada yang tahu jika anggota kelompok telah pergi. Admin grup akan terus menerima notifikasi jika salah satu anggotanya keluar dari grup.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan fitur baru yang diluncurkan oleh WhatsApp ini adalah bentuk untuk meningkatkan privasi pengguna.

“Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka,” kata Zuckerberg dalam keterangan resminya, pada Selasa (9/8/2022).

Fitur-fitur ini juga hadir untuk memberikan pengguna kendali dan privasi atas pesan mereka di platform WhatsApp.

“Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman. Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan,” kata Ami Vora, Head of Product di WhatsApp dalam keterangan resminya.

WhatsApp belum memberikan penjelasan apakah fitur tersebut diluncurkan ke semua pengguna secara merata atau bertahap.

Hapus status online

Bersamaan dengan kemampuan untuk merahasiakan keluarnya seseorang dari grup WhatsApp, WhatsApp juga meluncurkan fitur lain, yaitu menyembunyikan status online dan memblokir screenshot untuk pesan sekali lihat.

BACA JUGA  Cara Daftar MyPertamina dan Dokumen Apa saja yang Harus Disiapkan untuk Beli Pertalite dan Solar

Orang lain sering mengartikan status “online” yang muncul di bawah nama kontak pengguna karena orang tersebut aktif di Whatsapp dan siap untuk segera membalas pesan.

Namun, pengguna mungkin tidak ingin merespons secepat mungkin atau memikirkan kata-kata yang tepat untuk menjawab pesan mereka.

Saat ini, pengguna dapat mengatur status online WhatsApp mereka ke kontak tertentu saja. Jadi tidak semua orang bisa melihat status online Anda saat membuka WhatsApp. Menurut Whatsapp, fitur penyembunyian status online ini rencananya akan dirilis bulan ini.

Pemblokiran Screenshot untuk Pesan Sekali Lihat

Sementara itu, fitur terakhir yang dirilis WhatsApp adalah memblokir fitur screenshot untuk pesan satu kali lihat.

Seperti diketahui, disappearing messages bisa hilang secara spontan tergantung rentang waktu yang ditetapkan pengguna. Misalnya, jika fitur ini diaktifkan dan pengguna memilih waktu 24 jam untuknya, percakapan akan hilang dan dihapus setelah 24 jam.

Fitur ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna saat berbagi pesan rahasia.

Untuk mempertahankan pesan sensitif ini dan mencegah disalahgunakan oleh pengguna lain, WhatsApp berusaha memberikan kenyamanan dengan memblokir tindakan tangkapan layar pada pesan sekali lihat. WhatsApp mengatakan fitur tersebut sedang dalam pengujian dan akan segera diluncurkan ke pengguna.