Cara Membuka Izin Aplikasi Android yang Bikin Penasaran
Cara Membuka Izin Aplikasi Android yang Bikin Penasaran

Cara Membuka Izin Aplikasi Android yang Bikin Penasaran

Sahabat Dailyinfoplus, kamu pasti sering banget kan ngalamin kebingungan buat ngizinin aplikasi Android?

Ngomong-ngomong, izin aplikasi Android ini penting banget loh. Kalo kamu nggak ngasih izin, aplikasi tersebut cuma bisa jalan nggak karuan dan bahkan nggak bisa jalan sama sekali.

Jadi, gimana sih cara membuka izin aplikasi Android yang bikin penasaran itu? Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini!

Tip #1: Baca dengan Cermat

Cara membuka izin aplikasi Android yang pertama adalah dengan baca dengan cermat. Pasalnya, aplikasi Android nggak bakal minta izin ke kamu kalau nggak butuh.

Nah, kalo kamu nggak baca dengan cermat, bisa aja kamu ngizinin sesuatu yang nggak seharusnya. Misalnya, kamu ngizinin akses kamera padahal aplikasi tersebut nggak butuh akses kamera.

Jadi, jangan cuma setuju aja ngizinin semua izin yang diminta tanpa baca dengan cermat, ya!

Tip #2: Nyalakan Izin yang Dibutuhkan

Kalo kamu udah baca dengan cermat dan yakin kalo aplikasi tersebut butuh izin-izin yang diminta, kamu cuma perlu nyalakan izin yang dibutuhkan aja.

Kalo izin yang diminta nggak penting, nggak ada salahnya buat nggak ngizinin izin tersebut. Toh, kamu masih bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa mengizinkan izin tersebut.

Tip #3: Gunakan Aplikasi Izin

Kalo kamu masih bingung soal izin aplikasi dan nggak mau repot-repot baca dengan cermat atau nyalakan izin yang dibutuhkan, kamu bisa pakai aplikasi izin. Aplikasi izin ini bisa membantu kamu mengizinkan izin-izin yang dibutuhkan aja.

Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi buat baca dengan cermat atau nyalakan izin yang dibutuhkan.

Tip #4: Cek Ulang Izin yang Sudah Diberikan

Kalo kamu udah ngizinin izin aplikasi Android, nggak ada salahnya buat cek ulang izin yang udah diberikan. Pasalnya, aplikasi tersebut masih bisa mengakses izin-izin yang sudah diberikan meskipun kamu nggak lagi menggunakan aplikasi tersebut.

Jadi, kalo kamu udah ngizinin izin akses lokasi, misalnya, dan kamu udah nggak lagi menggunakan aplikasi tersebut, nggak ada salahnya buat cek ulang izin tersebut dan matikan izin tersebut kalo nggak dibutuhkan lagi.

Tip #5: Perbarui Aplikasi

Kalo kamu masih ngalamin masalah soal izin aplikasi Android, nggak ada salahnya buat perbarui aplikasi tersebut. Kadang-kadang, masalah izin aplikasi bisa terjadi karena bug pada aplikasi tersebut.

Jadi, kalo kamu udah perbarui aplikasi tersebut dan masih nggak bisa membuka izin, kamu bisa hubungi pengembang aplikasi tersebut atau coba cari solusinya di forum-forum Android.