fintech koinworks didanai anak usaha telkom rp 1 5 triliun 8577fac
fintech koinworks didanai anak usaha telkom rp 1 5 triliun 8577fac

Fintech KoinWorks Didanai Anak Usaha Telkom Rp 1,5 Triliun

Fintech KoinWorks Didanai Anak Usaha Telkom Rp 1,5 Triliun – FinTech KoinWorks didanai sebesar Rp 1,5 triliun dari sebuah modal ventura yang dimiliki oleh PT Telkom.

Dilansir techinasia.com (1 Desember 2022), KoinWorks akan didanai USD 108 juta (Rp 1,5 triliun) dalam putaran Seri C yang dipimpin MDI Ventures, cabang ventura Telkom Grup.

Dalam putaran pendanaan ini, sudah ada investor yang sudah ada seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, AC Ventures dan East Ventures.

Pembiayaan tersebut terdiri dari USD 43 juta dalam bentuk pembiayaan ekuitas dan USD 65 juta dalam bentuk utang modal. KoinWorks mengatakan telah mengumpulkan dana ekuitas USD 70 juta dan modal utang sekitar USD 110 juta sejak didirikan pada 2016.

Dari pendanaan tersebut, KoinWorks berencana menggunakan pendanaan baru tersebut untuk menambah jumlah karyawan. Saat ini, KoinWorks memiliki 400 karyawan tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari Singapura, Vietnam dan India. KoinWorks berencana untuk menambah jumlah karyawan dan berharap dapat meningkatkan pendapatan dan pengguna pada akhir tahun 2022.

Peminjam utama KoinWorks adalah usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjual produknya melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Pemilik bisnis online ini dilindungi sepenuhnya dari pembatasan sosial yang diberlakukan oleh Covid-19.

Menurut Willi Ariffin, salah satu pendiri KoinWorks, jumlah bisnis online meningkat dua kali lipat dari sekitar 10 juta menjadi 20 juta dalam 18 bulan terakhir.

Arifin juga menambahkan, peningkatan jumlah ini biasanya memakan waktu sekitar lima tahun tanpa pandemi Covid-19. Pada saat yang sama, KoinWorks berhasil menjaga rasio kredit bermasalahnya di bawah 2%.

Selama masa pandemi Covid-19, KoinWorks mengeluarkan pinjaman bulanan sebesar USD 15 juta dan mencatatkan arus kas positif. Selain itu, KoinWorks mencatatkan 1,5 juta pengguna pada akhir tahun lalu.

BACA JUGA  Line Today Bakal Tutup di Indonesia per 6 Juli 2022

Sebelum menawarkan pinjaman keuangan kepada usaha kecil, KoinWorks pada awalnya adalah platform penawaran pinjaman peer-to-peer atau penyedia layanan keuangan yang menggabungkan pemberi pinjaman dan peminjam secara online, tetapi pada akhirnya, KoinWorks memperluas jaringan penggunaannya dengan merilis fitur baru.

Melihat beberapa pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan modal, KoinWorks beralih menawarkan pinjaman kepada pelaku usaha.

Itu sebabnya KoinWorks meluncurkan fitur neobank yang memungkinkan pengguna untuk membuka akun trading langsung dari aplikasi. Ini juga menyediakan materi pendidikan tentang cara menjalankan bisnis online Anda, mempromosikannya, dan berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Pengguna juga akan mendapatkan KoinWorks Neo Card, MasterCard virtual yang dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran online. Selain itu, UKM juga dapat meminjam uang melalui platform pinjaman KoinWorks.

Untuk saat ini, perusahaan fintech yang berbasis di Jakarta mengatakan mereka ingin fokus pada pasar lokal, dan KoinWorks saat ini belum berencana memperluas bisnis pinjaman di luar Indonesia, meskipun memiliki pengembang dari negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.