5 tips yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru 9215c9e

Jangan Sampai Menyesal! Ini 5 Tips Membeli Laptop Baru

5 Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru – Tips membeli laptop baru

Di Zaman WFH (Work From Home) saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pekerja kantoran dan pelajar. Laptop telah menjadi perangkat berfitur lengkap untuk bekerja, belajar, dan hiburan.

Sejauh ini, ada banyak laptop di pasaran. Harga dan modelnya pun berbeda. Nah, jika kamu ingin membeli laptop baru untuk WFH, berikut 5 tips membeli laptop baru.

1. Ukuran laptop

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang ingin Anda beli. Tentunya ukuran layar yang Anda pilih akan mempengaruhi ukuran laptop Anda.

Pilihlah laptop yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda membutuhkan portabilitas yang tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran yang ringkas karena akan mudah dipindahkan karena dimensinya yang kecil.

Laptop biasanya memiliki layar 12,5 inci hingga 13,3 inci. Berat laptop jenis ini bervariasi dari 1kg hingga 1,5kg. Namun, sangat jarang laptop sebesar ini memiliki spesifikasi yang sangat cepat. Anda tidak dapat menemukan laptop Intel Core i7 pada mesin sekecil itu.

Jika Anda membutuhkan laptop berperforma tinggi, baik untuk desain ataupun gaming, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran lebih besar. Pasalnya, dibutuhkan casing yang lebih tebal untuk menyimpan komponen yang ampuh.

Ukuran layar untuk laptop jenis ini biasanya 14 hingga 17,3 inci. Berat maksimum adalah 2 kg.

2. Spesifikasi internal

Ini adalah salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Ada empat hal yang perlu diperhatikan. Itu adalah jenis prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Dua vendor prosesor yang paling terpercaya saat ini adalah Intel dan AMD. Keduanya memiliki jenis produk prosesor yang berbeda, dibanderol mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta rupiah.

BACA JUGA  Oppo Find X5 Pro Mendapat Update Android 13 Beta Pertama Kali

Misalnya laptop yang sering digunakan untuk menulis dan browsing sudah cukup menggunakan Intel Core i3. Jika Anda ingin mengedit video 4K, Anda memerlukan prosesor Intel Core i7.

RAM juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin baik kinerja laptop Anda untuk memenuhi kebutuhan multitasking Anda. Saat ini, Windows 10 membutuhkan setidaknya 8GB RAM.

Kebanyakan laptop tidak dilengkapi dengan VGA tambahan. Faktanya, sebagian besar prosesor memiliki chip grafis yang sangat bagus. Namun, jika Anda memainkan banyak game, sebaiknya pilih laptop dengan tambahan VGA karena akan lebih bertenaga.

Terakhir adalah kapasitas media penyimpanan. Tentu saja, semakin besar media penyimpanan, semakin banyak file yang dapat Anda simpan. Namun, membeli penyimpanan eksternal dapat memberikan kinerja yang lebih baik pada laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.

Semakin tinggi spesifikasi yang Anda pilih, semakin pasti akan mempengaruhi harga. Jadi, pastikan anggaran Anda tepat!

3. Desain laptop

Seiring kemajuan teknologi, laptop mengalami berbagai inovasi terutama dari segi desain. Sebelumnya, laptop tebal, tetapi sekarang Anda dapat menemukan yang sangat tipis. Sebelumnya merupakan kombinasi antara layar dan keyboard, namun kini hadir model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard dipisahkan dan dilipat hingga 360 derajat.

Namun, yang benar-benar perlu diperhatikan adalah ketahanannya, terutama pada bagian engselnya. Apakah desainnya kokoh dan tahan lama?

Selanjutnya, periksa jenis monitor yang Anda gunakan, resolusinya, dan sudut pandang layar.

Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop untuk bekerja dengan desain, Anda dapat memilih laptop dengan panel layar IPS (in-plane switching) dengan ketajaman dan akurasi warna yang tinggi, serta sudut pandang yang lebar.

BACA JUGA  UPDATE! Harga Iphone Second Bekas Rp 2jtan di Pertengahan Tahun 2022

4. Daya tahan baterai

Poin keempat ini menjadi pertimbangan penting saat membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai sekitar 6-8 jam.

Harus diakui bahwa daya tahan baterai agak sulit diukur karena tergantung pada penggunaan laptop, aplikasi yang berjalan, dan jenis prosesor yang digunakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membaca berbagai review tentang laptop yang ingin Anda beli.

Juga, rawat baterai laptop Anda sebaik mungkin untuk memastikan pengoperasian yang tahan lama dan benar. Misalnya, jangan mengisi daya terus menerus, jangan menunggu hingga baterai benar-benar habis atau sampai 0%.

5. Konektivitas yang lengkap

Di era ini, kebutuhan akan WiFi sudah pasti menjadi prioritas. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari laptop yang bisa terkoneksi secara penuh. Pilih laptop yang memiliki setidaknya tiga port USB. Selain itu, keberadaan port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA akan menjadi penting sesuai kebutuhan anda.

Namun, karena desain laptop makin menipis dari hari ke hari, beberapa konektivitas yang awalnya penting perlahan-lahan menghilang. Banyak produsen telah mulai memproduksi model ultra-tipis dengan port kecil, tetapi dengan port USB Type-C yang mendukung arus kecepatan data hingga 40Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3).  Solusinya adalah menggunakan dongle sebagai ekstensi port untuk melengkapi port yang mulai sulit.

Selain lima hal di atas, kamu juga wajib memerhatikan soal garansi, fitur-fitur pendukung tambahan, keamanan, sampai yang paling penting ialah budget.

Belilah Laptop sesuai dengan kebutuhan dan Budgetmu.

DailyInfoPlus.com