waspada aplikasi berbahaya ini bisa mencuri pulsa hingga data bank 6c95ff8

Awas! Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Mencuri Pulsa Hingga Data Bank

WASPADA! Aplikasi Berbahaya ini Bisa Mencuri Pulsa hingga Data Bank – Di antara jutaan aplikasi di Google Play store terdapat ratusan aplikasi berbahaya yang dapat mencuri berbagai data pribadi, pulsa hingga perbankan.

Facestealer adalah salah satu malware yang dapat mencuri data. Facesteler adalah spyware yang menyerang lebih dari 200 aplikasi Android. Facestealer adalah spyware pertama yang dilaporkan oleh Doctor Web pada Juli 2021. Aplikasi penyebar spyware ini dirancang untuk mencuri data sensitif seperti kata sandi Facebook hingga pin Perbankan.

Dari 200 aplikasi yang ditemukan Trend Micro, 42 diantaranya adalah aplikasi penyedia layanan VPN, 20 di aplikasi kamera , 13 aplikasi edit foto dan 125 lainnya di aplikasi lain.

Selain mencuri kredensial login, ratusan aplikasi ini juga dirancang untuk mengumpulkan informasi pengenal pribadi yang terkait antara akun Facebook dan akun korban lainnya.

Tidak hanya aplikasi yang diretas oleh spyware, Trend Micro juga menemukan lebih dari 40 aplikasi berbahaya untuk penambangan crypto. Aplikasi ini menipu pengguna agar membeli layanan berbayar atau mengklik iklan.

Beberapa aplikasi penambangan crypto berbahaya yang ditemukan, seperti Cryptomining Farm Your Coin bahkan dapat mencuri frase yang biasa digunakan untuk memulihkan dompet cryptocurrency saat hilang.

Berikutnya ada Trojan SharkBot, yang dapat mencuri data pribadi dan juga data bank. NCC Group adalah pengamat keamanan pertama yang mengungkapkan bahwa aplikasi yang seharusnya menjadi antivirus ternyata menjadi distributor Trojan SharkBot.

Setelah mengirimkan laporan terperinci ke Google, semua aplikasi ini akhirnya dihapus dari Play Store pada 3 Maret hingga 27 Maret. Namun, jika Anda sudah menginstal aplikasi ini dan masih ada di ponsel Anda, kami sarankan Anda segera menghapusnya untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

BACA JUGA  Cara Cek Uang Palsu, Bisa Pakai Aplikasi I-Comreds

Terakhir, ada malware Joker yang sudah lama populer. Meski dihilangkan berkali-kali, malware ini bisa menyusup ke aplikasi di Play Store.

Malware Joker dapat menguras akun atau saldo korban dengan mendaftarkan korban ke layanan SMS premium. Tidak hanya itu, malware juga mungkin disetting untuk mencuri data pengguna seperti SMS, daftar kontak, informasi perangkat dan sebagainya.

Aplikasi yang membawa malware Joker biasanya adalah aplikasi messaging, aplikasi kesehatan, dan aplikasi pemindai PDF. Setelah diinstal, aplikasi akan meminta izin untuk mengakses SMS dan notifikasi dan menggunakannya untuk mendaftarkan korban ke layanan premium.

Pada Februari 2022, Kaspersky dapat mendeteksi tiga aplikasi yang disusupi oleh malware Joker. Aplikasi ini telah dihapus oleh Google, tetapi masih tersedia dari toko aplikasi pihak ketiga. Daftarnya adalah sebagai berikut:

1. Style Message (com.stylelacat.messagearound)
2. Blood Pressure App (blood.maodig.raise.bloodrate.monitorapp.plus.tracker.tool.health)
3. Camera PDF Scanner (com.jiao.hdcam.docscanner)

DailyInfoPlus.com