free html hit counter
heboh harga candi borobudur akan naik menjadi 750 ribu 0052145

HEBOH! Harga Candi Borobudur Akan Naik Menjadi 750 Ribu

Harga Candi Borobudur Akan Naik Menjadi 750 Ribu – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Tulisan tentang wacana kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur di laman Instagram @luhut.panjaitan langsung menuai komentar dari warganet. “Dengan biaya USD 100 untuk wisatawan mancanegara dan turis domestik Rp 750 ribu. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya Rp 5.000 saja,” banyak netizen yang tidak setuju dengan rencana ini, namun banyak juga yang berbeda pendapat.

“Waktu saya masuk Candi Borobudur tahun 2016, harga tiketnya 35.000, tapi menurut saya masih terlalu mahal. Lalu tidak ada pembeli. Bagaimana kalau naik menjadi 750.000?”

Yang lain berkata, “Selamat tinggal Borobudur, sudah menjadi sarang hantu. Semua yang bisa diselamatkan akan terus berlanjut sampai negara ini hancur dan bangkrut.”

“Agak bingungin statementnya. 750K itu buat naik sampai ke Candi Borobudurnya, apa keseluruhan area? Borobudur tuh luas, ada pelatarannya. Baru naik tangga gitu. Sekarang tarifnya 50K, tapi pengunjung udah ga boleh naik ke area candinya. Cuman sampe pelataran,” tulis warganet yang merasa bingung.

Sebelumnya, Luhut menjelaskan langkah pemerintah menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur hanya untuk menjaga kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Selain tiket masuk yang naik, nantinya semua wisatawan wajib menggunakan pemandu wisata lokal untuk seluruh kawasan Borobudur.

“Hal ini kami lakukan untuk menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan rasa memiliki terhadap daerah, yang memberikan rasa tanggung jawab kepada kami untuk menumbuhkan dan melestarikan salah satu situs bersejarah nusantara di masa mendatang”. kata Menko Luhut.

BACA JUGA  10 Twibbon untuk Memperingati 17 Agustus 2022 HUT ke-77 dan Cara Menggunakannya

Harga tiket masuk ke Borobudur akan menjadi Rp 750.000 untuk wisatawan lokal dan USD 100 untuk wisatawan asing, jauh lebih tinggi dari harga saat ini.

Mengutip laman Borobudur Park yang dioperasikan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal sebesar Rp 50.000 untuk dewasa. Anak-anak adalah Rp 25.000.

Di sisi lain, harga untuk turis asing rencananya akan dinaikkan menjadi USD100, yaitu sekitar 1,4 juta dimana saat ini seharga USD 25, yaitu sekitar Rp350.000 untuk orang dewasa. Untuk turis asing yang masih anak-anak, tiketnya seharga USD15 atau Rp210.000.